Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belasan TKI Bermasalah dan Satu Bayi Dideportasi dari Malaysia
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 05-05-2015 | 15:34 WIB
tkib-pbc.jpg Honda-Batam
Para TKI yang dideportasi dari Malaysia saat tiba di Pelabuhan Batam Centre sebelum dibawa ke shelter Dinsos Batam. 

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 15 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah dipulangkan dari Malaysia, Selasa (5/5/2015) siang. Mereka tiba dari Johor dan berlabuh sekitar pukul 11.00 WIB, di Pelabuhan Internasional Batam Center.

"15 orang yang dipulangkan. Mereka semua dari Malaysia. Kita masih menunggu kedatangannya," kata salah satu petugas Satpol PP Batam yang bertugas menjemput.

Setelah mereka datang tidak langsung dibawa karena ada proses yang harus dijalani di pelabuhan. Baru sekitar pukul 12.00 WIB, mereka dibawa ke shelter Dinas Sosial (Dinsos) Batam.

Dari 15 TKI bermasalah yang semuanya wanita, tampak salah satunya menggendong bayi, yang diduga dilahirkan saat ia bekerja di Malaysia.

"Sudah empat tahun saya bekerja di Malaysia," kata wanita tersebut, yang diketahui bernama Siti M, sambil menggendong anaknya yang baru berumur sekitar setahun.

Namun ia enggan menyebutkan apa permasalahan sehingga ia terpaksa dipulangkan. "Tanya ke petugas saja, mas," jawabnya singkat.

Sedangkan pendamping TKI dari Kementerian Sosial, Febrina, yang dihubungi pewarta melalui via telepon, mengatakan, para TKI itu untuk sementara dibawa ke shelter sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

Editor: Dodo