Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftar Pilkada Lewat PDIP Tak Pakai Mahar
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 04-05-2015 | 17:55 WIB
Lis-Darmansyah.gif Honda-Batam

PKP Developer

Sekretaris DPD PDI Perjuangan (PDIP) Kepri, Lis Darmansyah.

‎BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris DPD PDI Perjuangan (PDIP) Kepri, Lis Darmansyah menyatakan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur lewat partainya tidak dikenakan dana atau mahar. Semua figur, termasuk Muhammad Sani dipersilakan mendaftar.

"Kita persilakan siapa saja yang mendaftar, termasuk pak Sani, Kita akan menjaring dan menerima pendaftaran bakal calon siapa saja, mengenai terpilihnya nanti akan kembali dibahas dalam Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) DPD PDIP Kepri untuk dikirimkan ke DPP, guna mendapatkan rekomendasi," kata Lis, Senin (4/5/2015). 

Dalam penjaringan calon, kata Lis, PDIP melihat ketokohannya. Meski, PDIP Kepri sudah pasti mencalonkan Soerya Respationo sebagai calon gubernur namun mekanisme partai tetap dilakukan.

"Setelah dibahas di Rakerdasus, selanjutnya, di DPP-PDIP akan dilakukan fit and propere test untuk mendapatkan rekomendasi," sebutnya. 

Mengenai peluang Ansar Ahmad atau Nurdin Basirun yang akan dipilih PDIP, hal itu akan dikembalikan pada hasil Rakerdasus, serta pertimbangan dan atas ketokohan masing-masing calon. 

Ansar Ahmad yang ditanya mengenai tanggapanya jika Soerya memilih Nurdin dan tidak memilih dirinya mengatakan, sepenuhnya menyerahkan hal itu pada mekanisme dan proses yang dilakukan oleh PDIP. 

"Mengenai dipilih dan tidak dipilih, saya percayakan pada PDIP. Tapi harapan kita semua, mudah-mudahan Pak Soerya akan memilih pasanganya saya," ujarnya diplomatis. 

Kalaupun tidak terjadi, tambah Ansar, akan dikembalikan pada teman-temanya, khususnya sejumlah pendukung dan tokoh masyarakat sebagai panasehat serta pemberi masukan padanya dalam melakukan konsultasi. 

"Tapi saya yakin Pak Soerya akan mempertimbangkan hal itu, demi pemenangan dan pelaksanaan pembangunan di Kepri di masa yang akan datang," ujarnya yakin.

Editor: Dodo