Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semua ABK Selamat

KM Eka Cahaya Dilaporkan Tenggelam di Perairan Lingga
Oleh : Nurjali
Minggu | 03-05-2015 | 19:59 WIB
ilustrasi_kapal_tenggelam.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Sebuah kapal motor yang membawa bahan bangunan dari Jambi ke Tanjungpinang dilaporkan tenggelam pada Minggu (3/5/2015) dinihari. KM Eka Cahaya yang terbuat dari kayu tersebut dilaporkan tenggelam di perairan sekitar Kabupaten Lingga dan Bintan.

Sumber di Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabosingkep menyebutkan, kapal tersebut diduga tenggelam akibat hantaman badai, dan karam di sekitar perairan antara Pulau Buaya dengan Pulau Karang Babi di koordinat 00.19 (derajat) 140 (derajat) N - 104.16 (derajat)106 (derajat).

"Berdasarkan informasi yang kami dapat, kapal tersebut membawa triplek, semen dan beberapa material bangunan lainnya," ungkap sumber tersebut, Minggu siang.

Kapal tersebut dinahkodai oleh Hamid (50) bersama delapan orang anak buah kapal (ABK) masing-masing Jupri (20), Musa (25), Agung (20), Roni (30), Mahmuda (18), dan Daeng (50), serta Samsi (57) yang juga merupakan pemilik kapal.

Sementara itu salah satu ABK, Musa, yang berhasil dihubungi mengatakan, semua ABK dilaporkan dalam keadaan selamat. Kapal juga telah berhasil dievakuasi ke tepi pulau tersebut dengan dibantu oleh masyarakat Desa Batu Berlubang dan Masyarakat Tanjunglipat, Desa Tanjunglipat, Kecamatan Senayang.

"Semua ABK selamat. Evakuasi tadi malam dilakukan masyarakat setempat. Sekarang kapal sudah dibawa ke pinggir pulau," kata Musa. (*)

Editor: Roelan