Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendidik adalah Tanggung Jawab Setiap Orang Terdidik
Oleh : Khoiruddin Nasution
Sabtu | 02-05-2015 | 17:10 WIB
nurdin_basirun...jpg Honda-Batam
Bupati Karimun, Nurdin Basirun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan, dan menguatkan pilar ketahanan moral. Bahkan dunia terpesona pada Indonesia, bukan saja karena keindahan alamnya, atau keramahan penduduknya, atau keagungan budayanya, tetapi juga karena deretan orang-orang terdidiknya yang berani mengusung ide-ide terobosan dengan ditopang pilar moral dan intelektual.

"Wajah masa depan kita berada di ruang-ruang kelas. Akan tetapi, hal itu bukan berarti bahwa tanggung-jawab membentuk masa depan hanya berada di pundak pendidik dan tenaga kependidikan di institusi pendidikan. Namun, secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara namun secara moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik," ungkap Bupati Karimun, Nurdin Basirun saat membacakan kutipan amanat Mendikbud RI, Anies Baswedan pada Hardiknas, Sabtu (2/5/2015) di Panggung Rakyat Putri Kemuning Coastal Area.

Dikatakan, Hardiknas ini mengambil tema 'Pendidikan sebagai gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila'. Itu berarti sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter pancasila dalam pendidikan.  

"Menumbuh-kembangkan potensi anak didik memerlukan karakteristik pendidik dan suasana pendidikan  yang tepat. Maka melalui peringatan ini, harus mengubah perspektif, bahwa pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di pemerintahan, melainkan  tanggungjawab bersama-sama," tegasnya.     

Pada kesempatan itu, Nurdin meminta agar anak-anak Karimun, harus semangat dan tampil di depan. Mulai dari sekarang, perubahan mental disegala aspek sangat perlu dilakukan. Untuk itu, Pemkab Karimun menjamin pendidikan, menjangkau hingga ke pelosok atau daerah hinterland.

"Peringatan hari besar yang setiap tahunnya dilaksanakan ini, harus bermakna dan memiliki perubahan dari sebelumnya,"tegasnya.

Di samping diikuti seluruh pendidik yang ada di Karimun, peringatan Hardiknas itu juga dihari Wakil Bupati, Aunur Rafiq, Sekda, FKPD dan SKPD Karimun.

Editor: Dodo