Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keliru Memblok Gambar, Facebook Minta Maaf
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-05-2015 | 15:35 WIB
facebook.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM - PERNAH mengalami link atau tautan yang Anda tempelkan di dinding Facebook menampilkan gambar yang berbeda atau peringatan? Ternyata Facebook menghadapi reaksi keras dari para penggunanya yang menemukan sejumlah posting mereka menghilang atau tidak bisa masuk ke link di luar jaringan sosial itu.

Masalah bermula pada Kamis (30/4/2015) kemarin menyusul pembaruan perangkat lunak yang tampaknya telah memicu persoalan ini. Sejumlah pengguna yang ingin memposting sesuatu yang mengandung link, mendapat peringatan secara keliru bahwa mereka melanggar kebijakan keamanan situs.

Facebook telah meminta maaf dan mengatakan telah mengambil langkah untuk memperbaiki bug itu.

Tampaknya masalah itu terkait dengan piranti yang secara otomatis mendeteksi gambar terhubung dengan link ke isi di dalam posting itu. Piranti ini seharusnya membantu pengguna menampilkan link ke konten lainnya yang mengandung foto terkait.

Posting itu, lengkap dengan gambar, kemudian memunculkan lini masa teman-teman akun facebook yang bersangkutan.

Perusahaan penerbit yang menggunakan Facebook untuk mempromosikan konten mereka, sangat lantang membahas dampak masalah ini pada bisnis mereka.

"Sebuah kesalahan dalam sistem kami yang berfungsi memblok link tak jelas di Facebook, telah secara keliru menandai beberapa URL (alamat web) sebagai berbahaya atau tidak pantas. Akibatnya, ada posting yang jadi tersembunyi, ada pula yang terblokir sepenuhnya" kata Facebook dalam sebuah pernyataan.

Disebutkan, masalah ini sudah ditangani dan URL yang jadi korban sudah dipulihkan. (*)

Sumber: BBC