Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal Penyambungan Instalasi Air Bersih

Warga Kampung Jabi Menanti Realisasi Janji ATB
Oleh : Hadli
Sabtu | 02-05-2015 | 13:40 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Kampung Jabi, Batubesar, Kecamatan Nongsa, berharap komitmen PT Adhya Tirta Batam (ATB) untuk mengalirkan air bersih ke kampung tua tersebut. Jika tidak terealisasi, warga mengancam akan menduduki kantor ATB.

Realisasi komitmen tersebut, diharapkan didapat dalam pertemuan antara warga Kampung Jabi dan PT ATB pada Senin (4/5/2015) mendatang, yang difasilitasi Kapolresta Barelang Kombes Asep Safruddin.

"Permintaan Kapolresta (Kombes Pol Asep Safruddin), beliau sendiri yang akan memfasilitasi pertemuan nanti. Kami menghargai niat pak Kapolres, dan kami rasa pak Kapokres bisa mencari jalan yang terbaik agar masyarakat dapat menimati dan merasakan air bersih dalam waktu dekat ini," kata Amiluddin, tokoh warga Kampung Jabi kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (2/5/2015).

Dikatakan Amiluddin, tidak ada lagi alasan bagi pihak ATB untuk tidak menyalurkan pipa dan meteran di masing-masing rumah yang berada di Kampung Jabi RT 001, 002, 003 RW 004, karena menurutnya semua persyaratan yang diminta agar air dapat disalurkan sudah dipenuhi. 

"Tidak mudah saya harus mendapatkan rekomendasi dari BP Batam. Prosesnya berliku liku hingga rekomendasi seperti yang diminta pak Enrico beberapa bulan lalu (Rabu, 4 Juni 2014 sore. Rekomendasi itu sudah dikeluarkan BP Batam, jangan gunakan alasan lain lagi," kata dia. 

Aksi demo pada Kamis tanggal 30 April 2015, tambah Amiluddin, pihak ATB masih berdalih walaupun surat rekomendasi berkekuatan hukum tetap dan dikeluarkan BP Batam, harus juga memenuhi syarat legalitas dari BP Batam. 

"Surat yang dimintanya sudah dipenuhi, jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak menyalurkan air ke rumah warga di Kampung Jabi. Janji adalah janji, jika nanti Kapolserta tidak bisa menyelesaikan, kami pastikan warga 33 titik kampung tua akan duduki ATB," tutupnya.

‎Untuk diketahui, dari ratusan rumah di ingkungan RT 001, 002, 003/RW 004 Kampung Jabi, Kelurahan Batubesar, Kecamatan Nongsa sebagian rumah sudah mendapat aliran air bersih namun ada sebanyak 158 rumah yang belum disalurkan oleh pihak ATB. 

Selama beberapa tahun terakhir masyarakat sudah berupaya meminta pihak BP Batam menyetujui PT ATB mengalirkan air bersih namun hingga saat ini belum juga terealisasi walaupun syarat sebagaimana yang diminta pihak ATB telah dipenuhi. 

Sementara itu, Enrico Moreno, Manager Corporate Commonication PT ATB yang dihubungi terkait hal ini belum memberikan tanggapan.

Editor: Dodo