Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hardiknas, Jadikan Sekolah sebagai Tempat Menyenangkan untuk Belajar
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-05-2015 | 08:16 WIB
anies_rasyid_baswedan_menbudikdasmen.jpg Honda-Batam
Mendikbud, Anies Baswedan. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, mengajak semua puhak untuk terlibat dan bertanggung jawab terhadap dunia pendidikan. Anies juga menekankan bahwa lembaga pendidikan sebagai tempat yang menyenangkan bagi guru dan siswa untuk belajar.

Mendikbud mengungkapkan, pemerintah memiliki tanggung jawab secara konstitusional dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Tetapi, kata dia, semua orang terdidik di Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk memajukan dunia pendidikan. "Kita ingin mengajak kepada semua pihak, mari kita terlibat," ujae Anies seperti dilansir dari laman kementerian.

Hardiknas tahun ini mengangkat tema "Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila".
 
Anies mengimbau, semua pihak yang sudah merasakan pendidikan untuk kembali peduli terhadap dunia pendidikan. Pesan yang ingin disampaikan di peringatan Hardiknas adalah perayaannya bukan saja bagi orang-orang yang berada di dunia pendidikan saat, ini tetapi semua orang yang telah terdidik oleh dunia pendidikan Indonesia.

"Memajukan pendidikan tidak mungkin dikerjakan hanya oleh sekolah, hanya oleh pemerintah, sementara masyarakat tidak terlibat, apalagi yang sudah merasakan pendidikan," tuturnya.
 
Ditekankan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ingin menghasilkan anak-anak di dunia pendidikan Indonesia yang tidak hanya berjiwa Pancasila tetapi juga berkarakter Pancasila. Secara eksplisit, kata dia, Kemendikbud ingin anak-anak Indonesia menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam praktik kesehariannya.

"Saya percaya bahwa sekolah-sekolah merupakan institusi yang bisa menumbuhkan ini," ucapnya.
 
Untuk dapat membangun karakter Pancasila pada siswa, maka sekolah harus menjadi tempat yang menyenangkan baik pendidiknya maupun institusinya seperti konsep sekolah sebagai taman yang menyenangkan oleh Ki Hajar Dewantara.

"Jangan sampai siswa datang ke sekolah dengan berat hati kemudian belajar dengan berat hati dan pulang dari sekolah dengan senang hati. Kita ingin di Hari Pendidikan Nasional ini, mari kita jadikan sekolah kita menjadi sekolah yang menyenangkan, tempat belajar yang membahagiakan," pesannya. (*)

Editor: Roelan