Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meski Hujan, Aktivitas Pelayaran di Pelabuhan Sekupang Tetap Lancar
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 30-04-2015 | 19:14 WIB
foto ilustrasi kapal cuaca hujan.jpg Honda-Batam
Kapal penumpang antar-provinsi dan kabupaten/kota tetap beraktivitas seperti biasa dari Pelabuhan Demestik Sekupang. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam sejak pagi hari diguyur hujan pada Kamis (30/4/2015). Namun kapal penumpang antar-provinsi maupun kabupaten/kota tetap beroperasi seperti biasanya.

Seperti halnya di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), seluruh kapal berangkat tepat jadwal seperti biasanya. Tak ada satu pun jadwal keberangkatan kapal yang ditunda.

"Kapal tetap beroperasi seperti biasanya meskipun hujan melanda di daerah Kepri. Tak ada kapal yang ditunda," ujar Erick Mario Sihotang, petugas Syahbandar PDS, kepada BATAMTODAY.COM.

Mario menegaskan, hujan yang turun tak berimbas kepada arus pelayaran karena gelombang laut dan angin masih memungkinkan untuk kapal untuk berlayar.

"Kalau hujan saja, anggin dan gelombang laut tidak berbahaya untuk kapal berlayar. Tapi kalau gerimis, angin dan gelombang akan kencang, bahkan tak menentu," jelasnya

Namun, Mario mengaku pihaknya tetap berkordinasi dengan kapten kapal yang sudah diizinkan berlayar agar memperlambat kecepatan kapal dan menyalakan lampu navigasi. "Kalau di laut tidak ada yang tidak mungkin. Tapi kita tetap memberikan instruksi kepada kapten kapal untuk menyalakan lampu navigasi dan memperlambat kecepatan," katanya. (*)

Editor: Roelan