Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggaran Pelaksanaan Pilkada di Kepri Capai Rp107,6 Miliar
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 30-04-2015 | 18:25 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Anggaran pelaksanaan pilkada di Kepri mencapai Rp 107,6 miliar. Jumlah tersebut merupakan total ajuan dari tiga lembaga terkait, KPU, Bawaslu dan Polda Kepri setelah melalui pembahasan.

KPU Kepri diketahui mengajukan anggaran sebesar Rp 62,5 miliar. Sementara, Bawaslu Kepri mengajukan Rp 32,8 miliar dan Rp 12,3 miliar diajukan oleh Polda Kepri.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Robert Iwan Loriaux mengatakan sebagai tahap awal Pemerintah Provinsi Kepri telah mengalokasikan Rp 80 miliar sebagai dana cadangan untuk alokasi dana Pilkada di APBD Murni 2015, sedangkan sisanya sebesar Rp 27,6 miliar akan kembali dialokasikan pada APBD Perubahan 2015 mendatang. 

"Dari total Rp 80 miliar tahap awal alokasi dana Pilkada Kepri yang sudah tersedia di APBD Murni Kepri, setelah penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), dibagi pada KPU Kepri mendapat dana awal Rp 62,5 miliar, Bawaslu Kepri Rp 12 miliar, dan Polda Kepri untuk pengamanan Rp 5,5 miliar," kata Robert kemarin.

Sedangkan kekuranganya, tambah Robert, untuk Bawaslu Rp 20,8 miliar dan Kepolisian Rp 6,8 miliar akan kembali dialokasikan pada APBD Perubahan 2015, melalui pengajuan dan pembahasan dengan DPRD Kepri. 

‎Anggota KPU Kepri Arison mengatakan dari total dana Rp 62,5 miliar yang diajukan KPU, merupakan rasionalisasi anggaran dari Rp 89,5 miliar yang diajukan sebelumnya, setelah dilakukan sharing dan pembahasan dengan KPU Kabupaten/Kota di Kepri. 

"Sebesar Rp 62,5 miliar yang kami ajukan sudah terasionalisasi Rp 27 miliar, yang nantinya akan dibiayai dari biaya Pilkada Kabupaten/Kota, sehingga sejumlah kegiatan yang sebelumnya kita alokasikan, setelah kita bahas akan ditalangi KPU Kabupaten/Kota," kata dia.

Berdasarkan kaporan KPU Kabupaten/kota ke KPU Kepri, Pemerintah Kabupaten Bintan telah mengalokasikan anggaran Pilkada Bupati dan Wakil Bupati di APBD Murni Rp 8,9 miliar, Kabupaten Lingga Rp 8 miliar dan Batam diajukan Rp 28 miliar. 

"Sedangkan Kabupaten Karimun, Anambas dan Natuna, akan dialokasikan dalam perubahan APBD ‎2015, sehingga sejumlah rekan-rekan KPU yang dananya belum tersedia itu, belum dapat melaksanakan tahapan, karena masih menunggu pengalokasian dan pengesahan di APBD Perubahan," ujarnya.

KPU Kepri dalam pelaksanaan tahapan pilkada, ada sekitar 11 item kegiatan prioritas yang diajukan seperti pengadaan perlengkapan TPS, logistik, perekrutan dan pembayaran honor PPK dan PPS, serta kegiatan lainnya. 

"Sedangkan seperti kegiatan sosialisasi dan perlengkapan TPS lainnya untuk Pilkada Bupati dan Wali Kota serta Gubernur,akan didanai dan dilaksanakan KPU Kabupaten/Kota," jelasnya. 

Alokasi dana yang paling membebani anggaran pilkada, tambah Arison adalah mengenai dana sosialisasi calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Kepri, yang mencapai Rp 4,185 miliar berupa pencetakan,baliho, spanduk dan lainnya, yang nantinya akan dibagikan dan diberikan pada masing-masing calon yang ditetapkan. 
 
Editor: Dodo
‎