Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gudang Penyulingan Gas di Batuampar Digerebek Polisi
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 29-04-2015 | 17:26 WIB
kasat_reskrim_karimun_yoga.jpg Honda-Batam
Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Yoga Buanadipta Ilafi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Usai mengamankan satu truk bermuatan 400 tabung gas melon yang diduga akan disuling ke tabung gas 12 kilogram, jajaran Polresta Barelang langsung menggerebek gudang tempat penyulingan di pinggir jalan arah ke Bukit Senyum, Batuampar, Selasa (28/4/2015) malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

Di lokasi yang diketahui milik seorang pria bernama Hari itu, polisi menemukan barang bukti ratusan tabung gas ukuran 12 kilogram keluaran Pertamina dan Singapura. Parahnya lagi, di pintu masuk gudang tersebut masih dipasangi garis polisi karena awal 2015 lalu digerebek jajaran Polda Kepri. Bahkan kasusnya hingga kini masih dalam proses.

Meski masih berurusan dengan polisi, Hari tetap melanjutkan usahanya hingga digerebek kembali oleh Polresta Barelang. "Lokasi ini pernah digerebek Polda Kepri dan masih dalam proses. Berkasnya sudah P21, dan mereka ternyata masih beroperasi hingga kini," kata Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Yoga Buanadipta Ilafi, Rabu (29/4/2015).

Ditambahkan Yoga, pihaknya saat baru mengamankan dua orang kernet dan satu sopir truk pengangkut gas melon dari pangkalan. Sementara dari lokasi itu, belum ada yang diamankan. Namun gudang itu kembali dipasangi garis polisi (police line).

"Kita masih melakukan penyelidikan. Gudang kita pasang garis polisi dan tidak dibenarkan lagi ada aktivitas di dalamnya. Belum ada tambahan orang yang kita amankan," lanjutnya. 

Sebelumnya, Satuan Sabhara Polresta Barelang mengamankan satu truk bernomor polisi BP 9087 GY yang membawa 400 tabung gas bersubsidi ukuran tiga kilogram (gas melon) di daerah Bukit Senyum, Batuampar. Diduga, gas tersebut akan disuling ke tabung gas ukuran 12 kilogram, Selasa (28/4/2015) malam.

Selain itu, tiga orang yang berada di atas lori, Adrianto, sopir serta dua kernet, Purwandi dan Zaenal turut diamankan. Ketiganya bersama truk yang dikendarai langsung digelandang ke Mapolresta Barelang untuk dimintai keterangan.

Editor: Dodo