Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolri Lantik Sutarman Jadi Kabareskim
Oleh : Surya Irawan
Rabu | 06-07-2011 | 18:40 WIB

JAKARTA. batamtoday - Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo secara resmi melantik Irjen Pol Sutarman menjadi Kabaraskim Mabes Polri menggantikan Komjen Pol Ito Sumardi yang memasuki masa purna bakti. Dengan jabatan baru sebagai Kabareskim itu, mantan Kapolda Kepulauan Riau  tersebut menyandang pangkat Komisaris Jenderal (Komjen).  

Upacara pelantikan Sutarman sebagai Kabareskim dipimpin langsung Kapolri di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (6/7/2011).

Kapolri menegaskan, pelatikan sejumlah perwira tinggi ini merupakan mutasi dan rotasi kali dalam rangkaian reorganisasi Polri untuk kepentingan organisasi. Dari pergantian ini, Kapolri berharap semua program yang telah dicanangkan sebelumnya dapat tercapai.

"Semua itu untuk meningkatkan performance baik yang ada di Markas Besar maupun wilayah. Tentunya ini bagian dari proses yang memang regenerasi, ada yang pensiun ada yang promosi diharapkan menambah baik pelayanan kepolisian," kata Kapolri. 

Kapolri menambahkan, Sutarman selaku Kabareskim yang baru hendaknya semua kasus yang sudah ditangani diprioritaskan untuk segera diselesaikan."Baik itu program kemitraan maupun penegakkan hukum sehingga diharapkan pelayanan kepolisian bertambah baik," katanya. 

Seperti diketahui, Kapolri melakukan mutasi sejumlah perwira tinggi diantaranya Kabareskim Komjen Pol Ito Sumardi yang memasuki masa pensiun. Posisinya digantikan Irjen Pol Sutarman yang sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya.  Jabatan Kapolda Metro Jaya digantikan oleh Irjen Pol Untung Suharsono Radjab, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur.

Posisi Kapolda Jatim yang baru kini ditempati Irjen (pol) Hadiatmoko yang sebelumnya menjabat Kapolda Bali. Posisi Hadiatmoko di Pulau Dewata itu kini digantikan Irjen Pol Totoy Herawan Indra yang sebelumnya menjabat sebagai perwira tinggi Polri.

Selain itu Kapolda Jawa Tengah Irjen (pol) Edward Aritonang juga turut dimutasi. Mantan Kadiv Humas Polri itu dipromosikan sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri menggantikan Irjen (pol) Badrodin Haiti yang pindah sebagai Asisten Bidang Operasi Polri. Kursi lowong yang ditinggalkan Edward diserahkan pada Irjen (Pol) Didiek Sutomo Triwidodo.

Posisi terakhir yang terkena mutasi adalah Kapolda Sumatera Selatan, Irjen (pol) Hasyim Irianto digantikan Irjen (pol) Dikdik Mulyana Arif Mansyur. Sementara posisi baru Hasyim adalah wakil Irwasum Polri.