Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2 Ribu Motor Bakal Ikut Konvoi Keliling Batam Saat May Day
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 29-04-2015 | 14:44 WIB
may-day-arakarakan.gif Honda-Batam
Ilustrasi peringatan May Day di Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) pada Jumat (1/5/2025), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Batam akan menggelar konvoi yang diikuti 2.000 sepeda motor.

Setia Putra Tarigan, ketua SPSI Batam mengatakan konvoi akan start dari kantor SPSI, Batam Centre menuju Batu Ampar ke arah Nagoya. Lalu ke Baloi, Simpang Jam, Kabil, Muka Kuning dan ke Dataran Engku Putri, Batam Centre.

"Konvoi sekitar 2.000 buruh. Ini khusus kegiatan SPSI," kata Setia Tarigan di kantor DPRD Batam, Rabu (29/4/2015).

Di Engku Putri, akan ada hiburan dan mimbar bebas menyuarakan aspirasi buruh. "Ada bagi-bagi door prize dan orasi," ujarnya.

Dia juga menekankan, dalam konvoi mendatang tidak akan ada aksi sweeping karena May Day merupakan hari libur nasional.

Lanjutnya, adapun tuntutan buruh dalam peringatan May Day yakni menolak rencana pembahasan upah sekali dalam lima tahun. Menolak peraturan yang membenarkan outsourcing melalui asosiasi usaha.

"Kita dengan tegas menolak outsourcing bagaimanapun bentuknya," terang Setia Tarigan.

Lanjutnya, buruh juga meminta perbaikan pelayanan BPJS Kesehatan karena selama ini banyak peserta Jamsostek yang ditolak berobat dengan alasan keterbatasan kuota.

"Kalau tidak mampu memberikan pelayanan, kembalikan saja ke Jamsostek. Banyak peserta ditolak dengan alasan kuota terbatas, artinya Dinas Kesehatan tidak mampu," tegasnya.

Editor: Dodo