Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT Profab Ganti Jadi PT NOV

Buruh PT Profab Demo di DPRD Batam Tuntut Kepastian Jaminan Masa Kerja
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 28-04-2015 | 11:43 WIB
demo-profrab-dprd.jpg Honda-Batam
Ratusan buruh PT Profab berunjuk rasa di Kantor DPRD Batam menuntut jaminan kerja seiring dengan pergantian nama perusahaan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh di PT Profab, Batuampar, menggelar unjuk rasa di kantor DPRD Batam menuntut jaminan kerja setelah perusahaan tersebut berganti nama dan manajemen menjadi PT NOV, Selasa (28/4/2015).

Suwito, ketua PUK serikat pekerja logam FSPMI PT Profab, mengatakan kedatangan mereka tidak menuntut macam-macam, namun hanya meminta hak saja. "Kita terpaksa mogok kerja menuntut kesepakatan. Perubahan nama ini akan berdampak negatif kepada hak-hak kita," kata Suwito.

Lanjutnya, para karyawan menuntut kepastian jaminan masa kerja yang sudah dilewati. Pasalnya sudah banyak yang terjadi di Batam perusahaan kabur dan menelantarkan karyawannya setelah berganti nama.

"Aksi ini hanya untuk meminta kepastian hukum. Jangan sampai masa kerja kita hilang percuma," tegasnya.

Sebelumnya, kata dia, pernah terjadi saham perusahaan digadaikan. Pengusaha kabur setelah menjual aset-aset dan menelantarkan karyawan tanpa mendapatkan hak.

"Lalu tiba-tiba saja kurator datang dan mengklaim dan menguasai semua aset perusahaan dan seluruh karyawan di PHK tanpa pesangon padahal ada karyawan yang sudah bekerja 10 sampai 20 tahun," tuturnya.

Sehingga, karyawan menurut adanya kesepakatan perjanjian bersama (PB) antara karyawan dan perusahaan.

"Sehingga kita perlu sepakat dan ada kepastian hukum sehingga ada jaminan kerja untuk kita," kata Suwito.

Editor: Dodo