Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai Masa Sidang I, DPRD Kepri Gelar Reses
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 27-04-2015 | 19:44 WIB
jumaga_nadeak.jpg Honda-Batam
Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak.

BATAMTODAY.COM - Sebanyak 45 orang anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, sejak Senin (27/4/2015) hingga enam hari ke depan melakukan kegiatan reses ke daerah pemilihannya masing-masing.

Reses ini sendiri dilakukan setelah agenda masa sidang pertama telah selesai dengan tujuan untuk melakukan berkomunikasi, silaturami, menjaring aspirasi dan sekaligus membangun sinergi dengan masyarakat dimana mereka terpilih untuk mewakili.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengatakan, masa reses inilah momen dimana seluruh anggota DPRD bisa benar-benar turun ke lapangan, menyapa para masyarakat, terutama masyarakat yang berdomisili di daerah pemilihan masing-masing.

"Dari reses ini pula nanti akan muncul ide-ide atau masukan-masukan dari masyarakat. Ide itu bisa berupa keluhan masyarakat, saran, kritik dan bisa jadi temuan oleh para anggota itu sendiri," kata Jumaga.

Disamping untuk bersilaturrahmi dan menjaring aspirasi, reses juga sebagai ajang Dewan untuk mengontrol kegiatan APBD yang sudah atau sedang berjalan. Sehingga seluruh kegiatan dipastikan sudah berjalan sesuai rencana serta sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat.

"Apapun jenis hasil yang diperoleh selama reses, baik itu berupa saran, kritikan atau apapun. Semuanya akan kita tampung. Terutama usulan yang berbentuk kegiatan, akan kita anggarkan di RAPBD tahun depan. Intinya, inilah momen untuk menunjukkan tanggungjawab kami sebagai anggota DPRD dalam bekerja, serta pengabdian kami kepada masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi mereka," ujar Jumaga lagi.

Sementara itu Sekretaris DPRD Provinsi Kepri Hamidi mengatakan, selama masa reses kantor DPRD akan kosong karena seluruh kegiatan dipusatkan di lapangan. Sebagian dari pegawai juga ikut mendampingi  para anggota Dewan.

"Memang selama masa reses ini  para angota Dewan tidak ngantor, namun mereka tetap bekerja di lapangan. Mereka melakukan penjaringan aspirasi di Dapilnya masing-masing. Selain itu juga untuk meninjau pelaksanaan pembangunan di APBD tahun 2015. Ini adalah bagian dari kegiatan Dewan yang harus dan penting untuk mereka lakukan," kata Hamidi.

Editor: Dodo