Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kejati Tahan Tersangka Korupsi Proyek Kebun Raya Batam
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 24-04-2015 | 08:06 WIB
64f7dd31a57e12dc8e94b37d0c8a8949.jpg Honda-Batam
Menteri PU Joko Kirmanto saat peletakan batu pertama (groud breaking) pembangunan Kebun Raya Batam di Batubesar, Nongsa, Kamis (28/8/2014).

BATAMTODAY.COM,  Tanjungpinang - Kejaksaan Tinggi Kepri menahan Mz, direktur salah salah perusahaan sub-kontraktor pelaksana proyek pembangunan Kebun Raya Batam yang menelan dana Rp21 miliar dari APBN.

"Rencananya hari ini akan kita tahan, inisial tersangkanya Mz, penahanan kita lakukan setelah terpenuhinya dua alat bukti untuk penetapan tersangka," kata Yulianto, Asisten Pidana Khusus kepada BATAMTODAY.COM di Kejati Kepri, Kamis (23/4/2015). 

Sebelum melakukan penetapan tersangka dan penahanan, penyidik Kajati Kepri sebelumnya telah memanggil dan memeriksa Mz beberapa kali. Hari ini tersangka Mz datang memenuhi panggilan penyidik Kejaksaan Tinggi Kepri sekitar pukul 11.00 WIB.

Sekitar pukul 13.00 WIB, Mz sempat istirahat, sebelum akhirnya mendatangi Kejaksaan Tinggi Kepri kembali untuk diperiksa. Baru sekitar pukul 21.30 WIB, Mz ditetapkan sebagai tersangka dalam proyek tersebut.

Hingga pukul 21.00 WIB, Mz masih menjalani pemeriksaan dan rencananya, setelah dilakukan cek kesehatan baru akan dijebloskan ke Rutan.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2014 Kebun Raya Batam ini dibangun dengan dana APBN Kementerian PU sebesar lebih dari Rp 21 miliar yang dititikberatkan pada zona penerima fasilitas yang akan dibangun.

Fasilitas yang akan dibangun tersebut meliputi gerbang utama, jalan, pedestrian, taman, gedung pengelola, rumah kaca, serta sarana dan prasarana lainnya.

Pembangunan KR tersebut sebagai Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) untuk mewujudkan kawasan perkotaan yang lebih layak huni dan berkelanjutan. Selain juga akan membentuk ruang kota yang harmonis dan mengindahkan kota.

KR Batam ini akan menempati lahan seluas 85,667 hektare di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa. Tepatnya di tepi Jalan Hang Lekiu Km 4, Nongsa. Sekitar 10 kilometer dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan 15 kilometer dari Batam Centre.

Editor: Dodo