Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Marzuki Alie Siap Maju di Kongres Partai Demokrat di Surabaya
Oleh : Surya
Rabu | 22-04-2015 | 17:24 WIB
marzuki1.jpg Honda-Batam
Marzuki Alie, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Marzuki Alie menyatakan dirinya siap diajukan sebagai caketum Partai Demokrat pada kongres di Surabaya setelah mengaku mendapat dukungan dari kader di berbagai daerah.

Marzuki berharap pada kongres yang akan dilaksanakan pada 11-13 Mei 2015 itu tidak ada mekanisme aklamasi.

"Saya berharap tidak ada aklamasi, karena itu menutup ruang demokrasi. Bisa terpecah partai ini," kata Marzuki di Gedung Migas, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (22/4/2015).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu menjelaskan, seharusnya syarat minimum untuk maju sebagai caketum adalah mendapat 20 persen dukungan dari pemilik suara. 

Namun, menurutnya akhir-akhir ini berhembus kabar bahwa para elite partai ingin menaikkan syarat kader yang ingin menjadi caketum harus mendapatkan dukungan dari 40 persen pemilik suara.

"20 persen itu menurut saya logis dan rasional, tapi kalau sudah 40 persen itu tidak usah ada pemilihan lagi, artinya aklamasi saja itu," jelasnya.

Dirinya berharap, kongres di Surabaya nanti setidaknya bisa berjalan seperti saat di Bandung pada 2010 silam. Saat itu ada tiga caketum yang bersaing, namun tidak ada gesekan setelah kongres.

"Sebenarnya demokrasi di Bandung itu sudah bagus. Kita sadari money politic terjadi hampir di semua partai, tapi ada oknum-oknum ambisius yang akhirnya menghalalkan semua cara, apapun akan diambil tanpa melihat baik dan tidak baik," ungkapnya.

Marzuki mengaku  mendapat dukungan dari para kader daerah untuk maju sebagai Caketum pada kongres di Surabaya. Marzuki mengaku mewadahi dukungan para kader dan siap maju sebagai caketum.

"Kader-kader dari daerah memang sudah ada yang meminta saya untuk maju dan saya siap untuk melaksanakan itu," kata Marzuki.

Marzuki mengaku, dalam peraturan yang ada di Partai Demokrat, tidak bisa seorang kader mengajukan diri sebagai caketum. Caketum adalah orang yang diajukan para pemilik suara saat kongres berlangsung.

"Kalau kita mengatakan maju sebagai caketum ini tidak pas. Tidak ada dalam kongres partai ada yang namanya agenda untuk menyatakan sikap maju. Yang ada adalah usulan dari pemilik suara," jelasnya.

Saat ini, eks Ketua DPR itu mengaku sudah mengantongi dukungan dari para kader daerah yang memiliki hak suara. Para kader daerah inilah yang nantinya akan mengajukan Marzuki sebagai caketum di kongres pada 11-13 Mei.

"Saya baru satu hari ini menyatakan dan sudah banyak kader daerah yang mendukung. Setiap hari ada yang datang ke Jakarta, semalam ada 50 orang datang, besok ada, dan lusa juga datang lagi. Mereka membuat surat dukungan tertulis dan tidak saya minta," tegas Marzuki.

"Mereka bilang bahwa mereka datang ke Jakarta untuk mendukung saya. Mereka bilang tidak perlu diberikan apa-apa, transport mereka tidak perlu, tempat tinggal juga bisa menyediakan sendiri," ungkapnya. 

Seperti diketahui, dorongan agar SBY kembali memimpin Partai Demokrat memang terus mengalir. Namun, SBY sendiri belum menyatakan sikap apakah bersedia untuk menjadi ketum lagi.

Editor: Surya