Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mulai 2 Mei, BKKBN Lakukan Pendataan Keluarga di Kepri
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 22-04-2015 | 15:37 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Riau akan mulai melakukan pendataan keluarga pada tanggal 2 Mei 2015 mendatang.

Deputi Advokasi Pergerakan dan Informasi (Adpin) BKKBN Pusat, Abidinsyah mengatakan bahwa rencananya pendataan akan dilakukan tanggal 1 Mei diundur satu hari karena untuk menghindari unjuk rasa yang biasa dilakukan oleh buruh pada awal bulan Mei tersebut.

"Tanggal 2 kan juga hari libur jadi akan banyak orang yang di rumah, bisa dimulai dari rumah Gubernur atau Wali Kota" kata Abidinsyah di Batam, Rabu (22/4/2015).

Ia menekankan kepada seluruh Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang akan melakukan pendataan agar mengunjungi keluarga dari rumah ke rumah dengan mengumpulkan data yang valid dan observasi di setiap rumah.

Menurutnya PLKB merupakan orang-orang yang sudah terlatih dan mempunyai skill dan mempunyai penguasaan di lapangan karena itu mereka sangat dibutuhkan untuk peningkatan kualitas pendataan keluarga.

Dengan jumlah yang PLKB yang terbatas saat ini pihaknya akan berkemitraan bergerak dari rumah kerumah dengan Babinsa (TNI) Babinkamtibmas (Polri), PKK, Karang Taruna, Forum Antar Umat Beragama Peduli Kependudukkan dan Keluarga Sejahtera (Fapsedu) dan juga akan mitra Pramuka dalam pengawasannya.

"Poin utama dalam pendataan keluarga nanti yang terpenting harus di pastikan terkunjungi semua keluarga, jangan sampai terlewat karena itu kita akan bermitra dengan banyak pihak," katanya lagi.

Ia juga menjelaskan secara nasional sasaran BKKBN ada sekitar 70 juta keluarga lebih di Indonesia, yang akan didatangi sekitar 1 juta pendata, dan rata-rata pendata akan menjangkau minimal 300 keluarga.

Editor: Dodo