Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Robot Mutakhir buat Penderita Lumpuh
Oleh : magid
Rabu | 06-07-2011 | 10:02 WIB
robot.jpg Honda-Batam

Seorang sukarelawan penderita lumpuh yang mengenakan pakaian khusus, HAL. Photo by Discovery

TOKYO, batamtoday - Sejumlah ilmuwan di Jepang merancang robot yang dapat dijadikan solusi mengatasi kelumpuhan. Model robot yang disebut Hybrid Assistive Limb (HAL), didesain layaknya tubuh manusia, lengkap dengan tangan dan kaki sehingga mudah dikenakan penderita lumpuh.

HAL diciptakan Yoshiyuki Sankai seorang Profesor dari Universitas Tsukuba, Jepang. Awalnya tehnologi ini dibangun untuk mendukung mobilitas orang berusia lanjut yang memiliki keterbatasan gerak. Sistemnya bekerja secara manual. HAL menggunakan Setelan exoskeleton yang dirancang khusus, dapat menahan beban tubuh pengguna hingga 160 pon.

"Tehnologi ini memiliki kemampuan luar biasa. Kedua lengan dan kaki, dapat membawa beban yang cukup berat. Bahkan dalam ujicoba, satu lengan HAL dapat mengangkat sampai 70 kilogram (154 pon)," jelas Yoshiyuki seperti dilaporkan Discovery, Rabu, 6 Juli 2011.

Dalam perkembanganya, HAL ternyata dapat digunakan para penderita lumpuh. Dengan menggunakan seorang sukarelawan penderita lumpuh, Profesor Yoshiyuki Sankai memastikan kostum robot HAL dapat berfungsi maksimal.

Pekan lalu, seorang Pria Jepang Seiji Uchida (49) menjadi sukarelawan untuk menguji kemampuan HAL. Ia mengalami kelumpuhan sejak berisia 21 tahun akibat kecelakaan. Setelah mengenakan kostum HAL, Seiji mampu beraktivitas selayaknya manusia normal.

"Sekarang, saya bisa berdiri di atas kaki sendiri tanpa bantuan," kata Uchida di Tokyo Narita bandara sebelum keberangkatannya ke Prancis.

Uchida mengatakan ia ingin mengunjungi pulau Saint Michel. "Saya membuktikan bahwa orang cacat sekalipun dapat mengunjungi situs-situs bersejarah di Dunia,"katanya.