Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pastikan Segera Sidak ke Lokasi

Soal Portal Parkir, Jefri Bantah Bertemu Pengelola Nagoya City Walk
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 21-04-2015 | 14:42 WIB
jefri-simanjuntak.jpg Honda-Batam
Anggota Komisi III DPRD Batam, Jefri Simanjutak.

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi III DPRD Batam, Jefri Simanjutak menegaskan bahwa secara kelembagaan, pihaknya belum pernah melakukan pertemuan dengan pengelola Nagoya City Walk terkait pemasangaan portal parkir di jalan umun depan kawasan tersebut.

Kalau ada kabar yang menyebutkan ada oknum dari Komisi III yang melakukan pertemuan, menurutnya bukan atas nama DPRD Batam melainkan pribadi. "Kalau memang ada bukti siapa itu silahkan diusut, kalau secara lembaga Komisi III, kami tidak pernah sama sekali," kata Jefri, Selasa (21/4/2015).

Ia juga mengatakan, dirinya sudah mengusulkan ke komisi melalui rapat pimpinan untuk diadakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan manajemen Nagoya City Walk agar jelas permasalahan ini.

Secara pribadi dia mengakui pernah melintas di lokasi untuk memantau di sekitar jalan tersebut, dan menurutnya memang itu jalan umum. Karena itu dirinya mengusulkan secepat mungkin untuk dibawa ke forum rapat namun sampai saat ini belum dijadwalkan.

Anggota Fraksi Hati Nurani Bangsa itu juga mengatakan bahwa Komisi III juga belum pernah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kawasan tersebut, dan mengenai rencana yang pernah dia katakan sebelumya, pihaknya akan melakukan sidak secepatnya. Jefri menjelaskan rencana tersebut belum bisa dilakukan karena kesibukan para anggota Komisi III.

Dia juga mengaku sudah merekomendasikan kepada Dinas Perhungan (Dishub) Kota Batam untuk menindaklanjuti permasalahan ini.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Kota Batam belum bisa mengasumsikan tindakan pengelola kawasan Nagoya City Walk yang membangun portal di jalan sebagai tindakan yang melanggar aturan. Pasalnya, Komisi III baru mendapat informasi dari warga saja dan belum melihat langsung kondisinya di lapangan. (Baca: Komisi III DPRD Batam Minta Warga Sekitar Nagoya City Walk Bersabar)

"Yang saya terima berdasarkan keterangan dari warga juga bahwa jalan itu sudah ada sebelum bangunan City Walk ada. Tapi kan kita perlu uji kebenarannya," jelas Jurado Siburian, anggota Komisi III DPRD Batam, Senin (13/4/2015).

Dia membantah ketika disinggung isu yang menyebut bahwa Komisi III yang sudah melakukan pertemuan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam dan menejemen kawasan pengelola City Walk.

Jurado menegaskan, secara kelembagaan Komisi III belum pernah melakukan pertemuan dengan Dishub maupun pihak City Walk, tapi kalaupun mungkin ada secara personal maupun individu menurutnya itu bukan atas nama Komisi III.

"Tapi kan saya tidak tahu kebenarannya. Secara kelembagaan kami tidak pernah bertemu," kata Jurado lagi.

Editor: Dodo