Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tukar Kertas Berbentuk Voucher dengan Uang di Lokasi

Gelper Angel Game di Harbour Bay Mall Digerebek, Belasan Orang Diamankan
Oleh : Romi Chandra
Senin | 20-04-2015 | 08:00 WIB
gelper angel game.jpg Honda-Batam
Belasan orang yang diamankan di lokasi gelper "Angel Game" di Harbour Bay Mall. (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gelanggang permainan elektronik (gelper) "Angel Game" yang berlokasi di lantai I Harbour Bay Mall, digerebek jajaran Polresta Barelang pada Sabtu (18/4/2015) malam. Selain ditemukan unsur judi, 12 orang dan beberapa mesin turut diamankan.

Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Polisi Asep Safrudin, yang langsung memimpin penggerebekan tersebut, mengatakan, dari hasil penyelidikan yang dilakukan, lokasi tersebut menyalahi aturan dan ditemukan unsur perjudiannya, yakni penukaran sebuah kertas berbentuk voucher dengan uang oleh pemain yang sudah selesai bermain.

Berawal dari informasi yang didapat bahwa adanya gelper yang terdapat unsur judi, ia langsung memerintahkan anggota untuk terjun ke lokasi. "Begitu kita selidiki, memang ditemukan unsur judinya," kata Asep, Sabtu malam.

Dia menjelaskan, butuh waktu lebih dari empat jam untuk membuktikan adanya unsur judi itu. Penyelidikan tersebut dilakukan sejak pukul 17.00 WIB dan membuahkan hasil sekitar pukul 21.30 WIB.

"Anggota menemukan langsung pertukaran kertas berbentuk voucher dengan uang di lokasi, dan kemudian langsug kita amankan," terangnya.

Modusnya, pemain yang menang langsung mendapatkan kertas tersebut dan bisa langsug ditukarkan dengan uang. "Salah satu sekuriti bertugas sebagai tempat penukaran uang. Penukaran itu juga terang-terangan dilakukan," tambahnya.

Sebanyak 12 orang yang diamankan tersebut terdiri dari pengelola, wasit dan pemain. "Mereka yang kita amankan langsung dibawa ke mapolres unuk pemeriksaan selanjutnya. Kita juga masih mendalami siapa pemilik dari lokasi tersebut. Namun informasi yang kita dapat, pemiliknya bukan orang Batam," jelas Asep.

Sementara mesin yang diamankan, berupa beberapa mesin jenis doraemon dan jenis ikan. "Yang kita amankan mesin-mesin yang kedapatan langsung adanya perukaran uang oleh pemain.  Karena malam ini eskalatornya mati, mesin besok baru kita angkut. Lokasi juga kita segel dan diberi garis polisi (police line)," lanjutnya.

Sebelumnya Asep juga mengatakan, akan selalu menugaskan anggota terjun ke lapangan unuk memonitor lokasi-lokasi gelper yang melakukan praktik judi. "Mereka beroperasi dengan izin permainan anak dan keluarga, bukan untuk perjudian," tegasnya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, pemilik gelper "Angel Game" merupakan warga Sigapura berinisial JS dan dikelola oleh Wi. Namun pewarta belum mendapatkan informasi selanjutnya apakah Wi juga ikut dibekuk. (*)

Editor: Roelan