Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Twitter Fox News Dikuasai Hacker, Sebarkan Pesan Hoak
Oleh : magid
Selasa | 05-07-2011 | 13:45 WIB
_53839000_foxtwitter1.jpg Honda-Batam

Tampilan Twitter @Foxnewspolitics saat menyebarkan pesan Hoak. Photo by Fox News

NEW YORK,batamtoday - Akun twitter kantor berita Fox News yang berlamat di @foxnewspolitics diambil alih Hacker. Twitter yang dihubungkan ke Foxnews TV tersebut sempat mengabarkan sejumlah berita palsu seputar kematian Barack Obama.

Pesan pertama @Foxnewspolitic muncul dalam Breaking News, Senin, 04 Juli 2011, sekitar pukul 07.00 waktu setempat.

Dikutip batamtoday dari NBC, Selasa, 05 Juli 2011, Wakil Presiden dan General Manager Fox News Digital mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait pesan yang dikirim akun Twitter tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari peretas masuk lebih jauh pada sistem Foxnews yang memungkinkan para hacker menguasai semua informasi internal perusahaan.

"Kami akan meminta penyelidikan rinci dari Twitter tentang bagaimana hal ini terjadi, dan langkah-langkah untuk mencegah akses tidak sah ke rekening FoxNews.com di masa yang akan datang," ujarnya

Untuk sementara waktu, tudingan masih mengarah pada kelompok yang menyebut dirinya sebagai Script Kiddie. Dalam pesan terakhirnya yang disampaikan, Hacker yang menguasai Fox News menulis:

"Barack Obama telah lulus jadi Presiden, dan kini Mati".

Pesan tweeter tersebut terpublikasi secara luas, pasalnya pihak Fox News menyiarkan secara lansung pada kolom running tex. Sehingga pesan "Hoak" yang disampaikan dimungkinkan tersebar secara luas ke publik Amerika Serikat.

Meski demikian, NBC belum dapat memastikan modus dari penyerang yang menguasai akun Twitter Foxnews.

"Tidak jelas mengapa Fox News telah diserang dalam hal ini," tulis NBC.