Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekda Karimun Minta Pelajar Jangan Gugup Hadapi UN 2015
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 13-04-2015 | 16:52 WIB
UN_Karimun.jpg Honda-Batam
Pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat di Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Hari pertama Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2014/2015 tingkat SLTA sederajat, Sekda Kabupaten Karimun Arif Fadillah melakukan tinjauan ke SMAN 4 Binaan Karimun Jalan Sei Bati, Kecamatan Tebing, Senin (13/4/2015).

Kunjungan Arif itu untuk memberikan motivasi kepada peserta UN dengan tujuan agar peserta tersebut semangat dalam mengikuti UN. Sebab disamping mereka tidak hanya harapan kedua orangtua, namun juga pemerintah.

"Di UN tahun ini mulai dari jenjang SD sampai SMA lulus 100 persen dan meraih nilai tinggi. Kemudian khususnya di SMAN 4 Binaan Karimun, di UN kali ini dapat memberikan hasil terbaik. Bila perlu terbaik ditingkat se-Provinsi Kepri," ungkapnya

Arif berpesan, agar pelajar yang mengikuti UN memperbanyak do'a. Kemudian baca soal dengan baik, dan menjawabnya dengan teliti. "UN bagian penentu kualitas dan kuantitas pelajar itu sendiri kedepannya. Intinya jangan gugup, tapi hadapi UN dengan tenang. Sebab kesukseskan menjadi kebangaan orang tua, sekolah dan pemerintah," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bakri Hasyim. menyampaikan, secara keseluruhan total peserta mengikuti UN tahun ini sebanyak 3.084 orang. Dengan rincian SMA 2.046, MA 146, SMK  887 dan SLB 5.

Sesuai jadwal katanya lagi, SLTA sederajat yang ditetapkan dari Kemendibud berlangsung sejak tanggal 13 sampai 15 April. Di hari pertama untuk jurusan IPS dengan mapel Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, kemudian hari terakhir Bahasa Inggris.

"Rata-rata per hari diujikan satu mata pelajaran, yang disesuaikan dengan pengaturan tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya.

Kepala SMAN 4 Binaan Heni Riawati menyebutkan, siswa-siswinya yang mengikuti UN tahun pelajaran 2014-2015 dengan dua mata pelajaran setiap hari berjumlah 114 orang. Diantaranya 18 laki-laki dan 96 perempuan.

Sebelum mengikuti UN katanya lagi, siswa-siswi sudah memiliki kesiapan yang cukup matang, yakni dengan mengikuti tryout sebanyak 3 kali serta terobosan lainnya.

"Untuk kelulusan UN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab tidak menyatakan kelulusan. Tapi diharapkan mereka nantinya masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Sesuai catatan tahun lalu, 80 persen siswa-siswi sudah masuk ke Perguruan Tinggi," paparnya.

Editor: Dodo