Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

42 Tersangka dan 44 Unit Motor Berhasil Diamankan Selama Maret
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 07-04-2015 | 16:17 WIB
para_maling_motor_di_batam.jpg Honda-Batam
Para pelaku pencurian bermotor yang berhasil diamankan jajaran Polresta Barelang selama Maret 2015. (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sedikitnya 42 tersangka beserta 44 unit sepeda motor hasil curian berhasil diamankan. Jaringan pencurian kendaraan motor (curanmor) berhasil diungkap jajaran Polresta Barelang beserta polsek-polsek yang berada di wilayahnya selama Maret 2015 kemarin.

Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Polisi Asep Safrudin, saat ekspos kasus menyampaikan, puluhan tersangka dan barang bukti tersebut merupakan hasil Operasi Cipta Kondisi untuk menumpas kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat Batam.

"Hasilnya, puluhan tersangka dan puluhan barang bukti diamankan. Mereka beroperasi tersebar di berbagai wilayah Batam, dan dibekuk oleh polsek-polsek dalam wilayah Polresta Barelang," kata Asep, Selasa (7/4/2015) siang.

Motif para pelaku tersebut, lanjutnya, dikarenakan faktor ekonomi dan ada juga karena kecanduan narkoba sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya.

"Salah satu tersangka kita amankan di Kampung Aceh. Dari pegakuannya, mencuri sepeda motor itu dan kemudian dijual lagi. Uangnya untuk membeli narkoba. Ada juga yang memang faktor ekonomi," terang Asep.

Ditambahkan Asep, para pelaku ini beraksi tidak sendiri-sendiri, namun berkelompok dengan jumlah lebih dari dua orang. "Beroperasinya juga di jam-jam rawan. Karena itu, kita juga meningkatkan razia-razia untuk menindak kejahatan jalanan," tegasnya.

Modus pelaku rata-rata sama, yakni dengan cara merusak kunci kontak motor menggunakan kunci T. "Polsek-polsek yang ada di wilayah kita rata-rata berhasil membekuk pelaku dan barang bukti," lanjutnya.

Data yang didapat, Polsek Nongsa mengamankan tiga tersangka dengan dua unit sepeda motor, Polsek Batam Kota menciduk sembilan tersangka dan satu sepeda motor. Sedangkan Polresta Barelang sendiri mengamankan lima tersangka dan tujuh sepeda motor, dan Polsek Bengkong membekuk dua tersangka dan tujuh sepeda motor.

Kemudian, Polsek Sagulung berhasil mengamankan tiga sepeda motor dan tiga tersangka, Polsek Lubukbaja tiga tersangka beserta satu sepeda motor. Paling rekor yakni Polsek Sekupang dengan 12 tersangka dan 18 sepeda motor. Terakhir, yakni Polsek Batuaji mengamankan lima tersangka serta lima unit sepeda motor.

Sementara itu, Budi Siregar, salah satu pelaku pencurian, mengaku mencuri sepeda motor itu karena kebuuhan ekonomi. "Hasil curian saya jual unuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Mas. Baru dua kali yang berhasil, dan yang ketiga ketangkap," katanya singkat. (*)

Editor: Roelan