PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Masih Tunggu Kepastian Dana Segar dari Pemkab Anambas
Oleh : Nursali
Senin | 06-04-2015 | 14:45 WIB
Syukrillah_Ketua_KPU_Daerah_Kabupaten_Kepulauan_Anambas.jpg honda-batam
Syukrillah, Ketua KPU Anambas. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menungu kepastian alokasi dana segar dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. Saat ini KPU Anambas membutuhkan biaya Rp9,3 miliar, sementara yang dialokasikan oleh pemerintah setempat di APBD 2015 hanya Rp4,2 miliar.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, Syukrillah, mengatakan pihaknya belum bisa menggunakan anggaran tersebut dalam melaksanakan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) pada Desember mendatang karena masih kurang. Bahkan ia mengatakan akan menggunakan anggarang tersebut setelah anggaran yang mereka butuhkan dipenuhi oleh Pemkab Anambas.

Selain itu KPU akan menggunakan anggaran tersebut jika ada kesepakatan bersama dengan pemerintah setempat. Dia mengatakan, pemerintah daerah telah berjanji akan menambah anggaran tersebut dan menunggunya hingga dipenuhinya anggaran yang ia ajukan.

"Kami bisa saja menggunakan anggaran itu, namun kami masih menunggu kepastian dari pemerintah," kata Syukrillah kepada pewarta di Tarempa, Senin (6/4/2015).

Syukrillah mengatakan, tidak bisa berhenti melaksanakan seluruh tahapan yang ada sesuai dengan aturan. Jika anggaran terbatas pihaknya akan melanggar aturan jika sempat berhenti di tengah jalan.

KPU Anambas seharusnya sudah mulai melaksanakan tahapan pada bulan April ini. Namun karena belum adanya kepastian anggaran pihaknya masih menunggu.

Ia juga mengatakan telah mengirimkan data dan kebutuhan KPU Anambas kepada KPU Provinsi karena kemungkinan anggaran KPU Anambas akan dibantu oleh KPU Provinsi. Namun pada saat rapat tersebut, KPU Anambas tidak disertakan dan sudah diserahkan sepenuhnya kepada KPU Provinsi.

"Kemarin kita sudah ada kabar mengenai penambahan anggaran dari provinsi tapi belum tahu berapa besarannya karena kita hanya mengirimkan data saja," katanya. (*)

Editor: Roelan