PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, Demokrat Batam Buka Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 06-04-2015 | 10:23 WIB
demokrat.jpg honda-batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak mau ketinggalan dengan partai politik lainnya, Partai Demokrat Kota Batam juga membuka pendaftaran kandidat untuk pemilihan wali kota (pilwako) Batam pada Desember mendatang.

Meskipun nama Sekretaris Partai Demokrat Batam, Rudi disebut-sebut sebagai calon tunggal Wali Kota yang akan diusung, ternyata partai tersebut masih membuka kesempatan untuk umum, baik dari internal maupun eksternal partai.

Ketua tim penjaringan Partai Demokrat, Kamal, menjelaskan bahwa sesuai intruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, tim penjaringan harus membuka pendaftaran untuk masyarakat umum yang mau mencalonkan diri.

"Karena itu kami dari tim penjaringan calon Wali Kota Batam dan calon Wakil Wali Kota Batam, membuka secara resmi pendaftaran dimulai hari Senin (6/4/2015) sampai hari Kamis (9/4/2015), sesuai dengan jam kerja yaitu jam 8.00 WIB sampai 18.00 WIB," jelas Kamal, Minggu (5/4/2015) sore.

Kamal juga menjelaskan bahwa berkas yang masuk ke Partai Demokrat nantinya akan di verifikasi oleh tim penjaringan, kemudian hasilnya dikirim ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kepri dan berlanjut ke DPP, kemudian DPP yang menentukan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam dari Demokrat.

Ia katakan pendaftaran dibuka langsung di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat, dan yang ingin mendaftarkan harus datang langsung atau tidak boleh diwakilkan.

Adapun syarat yang harus disiapakan oleh para balon yang ingin mendaftarkan diri yakni mengisi formulir pendaftaran, pas photo, melampirkan daftar riwayat hidup. Para balon juga harus melampirkan hasil survei popularitas dan elektabilitas dari lembaga survei yang profesional

"Tapi hasil survei bisa disertakan belakangan, mengingat keterbatasan waktu," ujar Kamal.

Partai Demokrat memahami untuk survei membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingg memberikan kelonggaran waktu untuk bisa melampirkan hasil survei dari bakal calon tersebut.

Editor: Dodo