PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua DPD Golkar Batam Daftar Calon Wali Kota ke Gerindra
Oleh : Ahmad Romadi
Sabtu | 04-04-2015 | 15:38 WIB
zainal_arifin_daftar_gerindra.jpg honda-batam
Zainal Abidin menyerahkan berkas pendaftaran ke Partai Gerindra. (Foto: Ahmad Romadi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Batam, Zainal Abidin, telah resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon (balon) Wali Kota Batam di Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Partai yang ia pimpin di Batam tersebut memang masih dalam konflik internal di tingkat pusat. Sementara DPD Golkar Batam sendiri juga belum memutuskan calon yang akan diusung. Karena itulah dia memilih untuk mendaftarkan diri secara pribadi karena menurutnya akan ketinggalan jika menunggu.

"Saya kira semua partai belum ada yang menentukan siapa yang akan diusung, semua masih dalam hubungan komunikasi politik. Karena Gerindra sudah buka (pendaftaran) dan ada kesempatan untuk saya menuju Batam I, kenapa harus lama-lama," kata Zainal saat mengantarkan berkas pendaftaran ke kantor DPC Gerindra di Batam Center, Jumat (3/4/2015) kemarin.

Ia membantah pendaftaran yang ia lakukan secara pribadi tanpa menunggu keputusan dari partai disebabkan karena konflik yang terjadi di dalam internal di DPP. Ia katakan semua partai mempunyai mekanisme tersendiri.

Sebagaimana yang pernah dikatakan sebelumnya bahwa Partai Golkar Batam sudah menjaring bakal calon (balon) Wali Kota Batam. Ada sekitar 10 nama balon yang dipilih, dan salah satunya Zainal Abidin. Zainal juga ia optimis akan didukung oleh partai yang berlambang pohon beringin tersebut.

Alasan partai Gerindra yang ia pilih untuk mendaftar, alasan Zainal, hubungan politik selama ini sudah terjalin dengan baik. Dia melihat kursi di DPRD Golkar ada tujuh kursi dan Gerindra 6 kursi. Maka akan bisa mengusung calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam Desember mendatang.

"Berdasarkan Undang-Undang kan harus 20 persen. Maka itu tidak ada parpol di Batam yang bisa mencalonkan sendiri. Karena itu jika Golkar dan Gerindra koalisi, kan jadi 13 kursi. Jadi cukup untuk mengusung calon," jelas Zainal.

Mengenai calon wakil yang akan mendampinginya nanti, ia jelaskan sepenuhnya akan diserahkan ke partai yang akan mengusungnya nanti. Karena tidak menutup kemungkinan juga akan ada partai lainya yang akan bergabung.

Yang terpenting, katanya, wakilnya nanti harus mempunyai visi dan misi yang sama dengannya.

Sementara Ketua Tim 6 Partai Gerindra, Muhammad Rudi, yang menerima pendaftaran dari kader Partai Golkar yang saat ini menjabat Wakil Ketua I DPRD Batam itu, menyambut baik pemyerahan berkas formulir pendaftaran.

"Penyerahan berkas dari Pak Zainal Abidin sudah kami terima. Jika nanti ada perbaikan akan dilakukan ke depan," kata Rudi.

Menurutnya, ini merupakan berkas yang ke-12 yang masuk atau yang sudah mendaftarkan diri di Partai Gerindra. Selanjutnya dilakukan langkah verifikasi dan 11 April mendatang akan dilakukan rapat kordinasi cabang (rakorcab). (*)

Editor: Roelan