Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Sekolah di Kepri Laksanakan UN Online
Oleh : Habibi
Sabtu | 04-04-2015 | 14:58 WIB
atmadinata.jpg Honda-Batam
Atmadinata, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kepri.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ujian nasional berbasis komputer atau computer-based test (CBT) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) hanya dilaksanakan di tiga sekolah. Ketiga sekolah itu adalah SMPN 1 Tanjungpinang, SMKN 1 Tanjungpinang, dan SMKN 1 Bintan--yang menggantikan SMAN 1 Tanjungpinang.

"Hanya tiga sekolah itu yang lulus verifikasi UN online, sementara yang lain masih terkendala di sarana dan prasarana," ujar Atmadinata, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (4/4/2015).

Sementara itu untuk jumlah peserta UN tahun ini, untuk jenjang SMP/MTS sebanyak 25.798 orang, SMA/MA sebanyak 11.252 orang dan SMK sebanyak 7.050 orang. "Untuk paket B sebanyak 1.761 dan paket C sebanyak 2.496 orang," terang Atmadinata.

Untuk jadwal UN SMA/MA/SMK akan dilaksanakan pada tanggal 13 - 17 April. Sedangkan untuk SMP akan dilaksanakan pada tanggal 4-7 Mei. "Untuk jenjang SD akan ada ujian sekolah (US) pada tanggal 18 Mei nanti akan dimulai," imbuh Atmadinata.

Untuk tahun ini, penilaian kelulusan akan ditentukan oleh nilai sekolah sehingga nilai UN tidak lagi menjadi acuan untuk sebuah kelulusan. "Tapi nilai UN akan digunakan pihak sekolah dalam menerima murid baru. Jadi, siswa tidak boleh main-main. Jangan mentang-mentang kelulusan ditentukan sekolah, tidak memperhatikan hasil UN. Nanti salah-salah tidak bisa masuk sekolah bagus," pesannya.

Dia juga berpesan kepada wali murid agar benar-benar memperhatikan pola belajar anak. Sehingga jika memang tidak memenuhi ekspektasi nantinya, orang tua tidak melulu menyalahkan anak.

"Orang tua itu pengawas siswa yang paling dominan. Jadi, harus diawasi pola belajar anak. Jangan hanya bisa marah saja saat anak tidak lulus, padahal kita yang tidak ada perhatian kepada anak," ujar Atmadinata. (*)

Editor: Roelan