Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMAN 1 Siantan Juga Manfaatkan Brosur Perguruan Tinggi untuk Memotivasi Siswa Hadapi UN
Oleh : Nursali
Sabtu | 04-04-2015 | 08:17 WIB
sman_1_siantan.JPG Honda-Batam
SMA Negeri 1 Siantan di Tarempa. (Foto: Roelan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Pihak SMA Negeri 1 Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, punya cara jitu untu memotivasi anak bersemangat menghadapi ujian nasional (UN). Bukan hanya memberikan bimbingan dan terobosan, tetapi juga membagikan brosur perguruan tinggi.

Kepala SMA Negeri 1 Siantan, Edi Lendra, mengakui, brosur tersebut dimanfaatkan untuk memotivasi siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Saat ini ada 35 brosur dari berbagai perguruan tinggi yang telah masuk ke sekolah tersebut.

Selain brosur perguruan tinggi, para siswa akan mengikuti bimbingan khusus pada tiap hari Sabtu. Pada bimbingan khusus tersebut para siswa nantinya akan konsultasi kepada guru bimbingan konseling terkait permasalahan yang dihadapi oleh siswa menjelang UN nanti.

"Di sekolah ini ada dua guru BK (bimbingan konseling, red). Sering juga anak-anak ini konsultasi dengan gurunya, kok," kata Edi Lendra kepada BATAMTODAY.COM di Tarempa, Jumat (3/4/2015).

Ia memastikan siswanya akan siap dalam menghadapi ujian tersebut. Menurutnya, selama ini pihak sekolah telah menyampaikan pengalaman yang sama kepada anak didiknya dalam menghadapi ujian sehingga para siswa pun diyakini siap secara mental dalam menghadapi UN.

"Bukan baru-baru saja kita beri arahan, motivasi dan bimbingan kepada mereka (siswa, red). Tiga tahun kami selalu memberikan bimbingan kepada mereka. Tiap-tiap semester kan mereka menjalani ujian dari sekolah juga," katanya. (*)

Editor: Roelan