Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

190 Pejabat Kemenkes Belum Lapor ke KPK
Oleh : Taufik
Kamis | 16-12-2010 | 20:10 WIB

Jakarta, batamtoday - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih meminta agar para pejabat di instansinya segera melaporkan harta kekayaanya ke KPK.

Sebanyak 190 pegawai Kemenkes diketahui belum juga melaporkan harta kekayaan mereka kepada KPK. Dari 433 penyelenggara negara di Kemenkes baru 243 saja yang melapor.

"Tadi sudah saya sampaikan agar mereka segera melapor," kata Endang usai acara penandatanganan komitmen tata kelola pemerintahan yang baik di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (16/12).

Disebutkan bahwa, pejabat Kemenkes di Inspektorat Jendral tercatat yang paling sedikit yang sudah melapor. Dari 95 orang, baru 8 saja yang melapor.

Rendahnya kesadaran di lingkungan Itjen, menurut Endang karena ada salah paham. Selama ini yang disangka wajib melapor hanyalah pejabat struktural.

"Ternyata para auditornya juga. Nah auditor itu yang banyak sekali," lanjut Endang.

Endang sendiri mengakui jika untuk mengisi form laporan harta kekayaan bukanlah hal yang mudah. Mereka harus mengisi secara detil setiap harta yang dimiliki.

"Kan semua harus dihitung, semua harus dilengkapi dengan surat-surat, kalau ada tabungan, yang terakhir berapa," keluh Endang.

Namun demikian, para pejabat di Kemenkes sudah saya minta untuk melapor dan agar hal itu menjadi perhatian, pungkas Endang.