Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Copa America 2011

Awal Buruk Tim Tango
Oleh : Dodo
Sabtu | 02-07-2011 | 13:53 WIB
argentina-vs-bo.jpg Honda-Batam

Leonel Messi dikawal ketat bek Bolivia, Santos Amador. Pertandingan itu berakhir imbang 1-1. (Foto: Istimewa)

La Plata, batamtoday - Tim Tango, Argentina mengawali Copa America 2011 dengan buruk setelah ditahan imbang Tim Dataran Tinggi, Bolivia dengan skor 1-1 di Estadio Ciudad de La Plata, Sabtu, 2 Juli 2011 pagi tadi.

Dalam pertaandingan yang disiarkan live oleh RCTI ini, tim besutan Sergio Batista ini turun dengan formasi menakutkan yang menempatkan tiga striker yakni Leonel Messi, Carlos Tevez dan Ezequiel Lavezzi dan didukung taburan gelandang seperti Javier Zanetti, Esteban Cambiasso, Javier Mascherano dan Ever Banega.

Namun keberadaan para pemain bintang ini tidak meningkatkan akselerasi serangan Tim Tango. Justru pada menit ke 48, Bolivia unggul terlebih dulu melalui sontekan striker Edvaldo Rejas memanfaatkan kesalahan komunikasi antara kiper Argentina, Sergio Romero dengan Banega.

Kebobolan satu gol membuat Batista memutar otak dan melakukan rotasi pemain. Alhasil, Esteban Cambiasso yang kurang bisa bekerja sama dengan Manscherano langsung digantikan oleh gelandang Real Madrid, Angel Di Maria untuk menajamkan serangan sayap.

Masuknya Di Maria terbukti mampu membuat serangan Argentina lebih hidup. Namun sayang, umpan gelandang kidal ini tidak bisa dimaksimalkan oleh Messi maupun Tevez yang mendapat penjagaan ekstra ketat dari bek Bolivia.

Sementara, Lavezzi yang diharapkan menjadi solusi di saat duo penyerang itu ditempel ketat tampil kurang meyakinkan langsung diganti oleh striker anyar milik Juventus, Sergio Aguerro.

Menantu legenda hidup Argentina, Diego Armando Maradona itu akhirnya memberikan jawaban atas nihilnya gol Tim Tango setelah melesakkan gol melalui sebuah tendangan voli cantik menyambut umpan manis Di Maria yang dikontrol oleh Nicolas Burdisso pada menit 76.

Gol Aguerro ternyata menjadi penutup skor yang terus bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil seri yang dicapai membuat Argentina kini menduduki pemuncak klasemen Grup A disusul Bolivia dengan sama-sama meraih 1 poin. Sementara dua tim lainnya di grup yang sama, Kolombia dan Kostarika, pertandingannya baru akan digelar Minggu, 3 Juli 2011 esok pagi.