Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

886 Siswa SLTA se-Anambas Bakal Ikuti UN April Mendatang
Oleh : Nursali
Kamis | 26-03-2015 | 20:21 WIB
ilustrasi UN - ljk.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Sebanyak 886 siswa SLTA se-Kabupaten Kepulauan Anambas akan mengikuti ujian nasional (UN) pada April mendatang. Keseluruhan siswa tersebut telah mengikuti pelatihan dalam mengisi lembar jawaban agar bisa dibaca oleh sistem.

"Siswa SMA/MA/SMK di Anambas ada 886 orang yang akan mengikuti UN. Mereka sudah biasa mengisi lembar jawaban dengan benar. Jika salah bisa saja tidak terbaca oleh sistem karena semua lembar jawaban dilakukan dengan sistem komputer, tidak manual," ujar Tarmizi, Kepala Bidang Peningkatan Mutu Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, kepada pewarta, Kamis (26/3/2015).

Dalam sosialisasi tersebut ,tata cara penulisan lembar jawaban sudah disampaikan oleh pelatih dan saat ujian disekolah juga mereka sudah biasa melakukan hal yang sama. Biasanya, para siswa diarahkan untuk menggunakan pensil 2B guna penebalan lembar jawaban dan saat ini sistem sudah semakin canggih bahkan menggunakan pena sudah bisa terbaca oleh sistem.

"Saat di sekolah para siswa sudah sering latihan menggunakan pensil 2 B untuk mengisi lembar jawaban. Apalagi sekarang alatnya sudah canggih kok. Pakai pena saja kabarnya sudah bisa dibaca oleh sistem sehingga hal penebalan lembar jawaban tidak ada masalah. Bahkan selama ini belum ada keluhan seperti itu, tapi kita tetap antisipasi agar jangan sampai terjadi hal demikian," katanya.

Menurut jadwal, kata Tarmizi, UN SMA/MA/SMK akan dilaksanakan pada 13 April-15 April mendatang dengan mata pelajaran, Senin(13/4/2015) Bahasa Indonesia, untuk ujian mata pelajaran kedua program IPA yang ujiannya Kimia, IPS yang diujikan Geografi. Kemudian Selasa (14/4/2015) Matematika dan untuk program IPA diujikan Biologi, IPS mata pelajaran Sosisologi dan Rabu (15/4/2015) Bahasa Inggris dan  selanjutnya untuk program IPA diujikan Fisika untuk jurusan IPS diuji Ekonomi.

Menurut Tarmizi, saat ini UN bukan lagi menjadi penentu kelulusan karena sudah diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah. Namun secara nasional maupun untuk tingkat provinsi masih tetap akan menjadi prioritas Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Tarmizi menambahkan, UN SMP rencananya bulan Mei dan untuk sekolah dasar (SD) bulan Juni 2015. Dinas Pendidikan sudah melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui terobosan dan try out yang telah dilakukan.

"Kita telah mempersiapkan siswa kita dengan terobosan di masing-masing sekolah dan try out. Sekarang tergantung mental dari siswa itu sendiri dan membiasakan diri dalam latihan usai pulang sekolah dirumah agar mereka terbiasa. Hal ini tetap kita anjurkan kepada seluruh sekolah agar siswa kita mampu bersaing dengan Kabupaten lai walaupun kita tinggal di pulau terdepan," katanya. (*)

Editor: Roelan