Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pansus LKPj Wali Kota Nilai Kinerja Dishub Batam Belum Positif
Oleh : Gokli/Ahmad Rohmadi
Rabu | 25-03-2015 | 17:58 WIB
udin-p-sihaloho-merah.jpg Honda-Batam
Ketua Pansus LKPj Wali Kota, DPRD Batam, Udin P Sihaloho.

BATAMTODAY.COM, Batam - Panitia khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Batam tahun anggaran 2014, menilai Dinas Perhubungan (Dishub) belum menunjukkan kinerja yang positif. Sebab, SKPD itu belum mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam.

Ketua Pansus LKPj Wali Kota, DPRD Batam, Udin P Sihaloho, menyampaikan pihaknya memberikan beberapa catatan penting untuk Dishub. Catatan itu, katanya, merupakan keluhan masyarakat terhadap kinerja Dishub Kota Batam selama ini.

Salah satu yang disoroti Pansus mengenai kinerja Dishub Kota Batam, kata Udin, jumlah kendaraan semakin meningkat, berakibat terjadi kemacetan. Sebab, ruas jalan yang ada di Kota Batam tak mampu menampung padatnya arus lalu lintas saban harinya.

"Sisi positifnya dari jumlah kendaraan yang semakin bertambah, akan meningkatkan nilai PAD dari retribusi parkir," jelas politisi PDI Perjuangan itu, Rabu (25/3/2015) siang, usai melakukan rapat evaluasi dengan Dishub Batam.

Seiring bertambahnya kendaraan di Kota Batam, sambung Udin, PAD Kota Batam dari retribusi parkir malah menurun. Hal ini menandakan Dishub Batam belum maksimal dalam mendongkak peningkatan PAD.

"Kami melihat nilai PAD dari retribusi parkir semakin menurun. Padahal jumlah kendaraan terus bertambah," herannya.

Selain itu, katanya, Dishub juga tidak mengetahui jumlah titik parkir umum dan khusus yang ada di Batam. Bahkan, saat Pansus meminta data jumlah kendaraan yang ada di Batam, Dishub pun tidak mengetahui.

"Ini kan aneh. Kepala Dishub tak tahu berapa titik parkir dan jumlah kendaraan yang ada di Batam. Kita lihat memang Dishub Batam ini belum ada nilai positifnya," kata dia, dengan nada kesal.

Memang, kata Sekretaris Komisi IV itu, Pansus belum bisa membuat kesimpulan atau rekomendasi soal Dishub Batam yang akan dibacakan dalam Rapat Paripurna. Diharapkan Dishub Batam bisa berkoordinasi dengan SKPD lain, agar penataan Kota Batam bisa lebih baik.

Editor: Dodo