Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gandeng Bombardier, Malaysia Luncurkan Maskapai Flymojo
Oleh : Redaksi
Rabu | 18-03-2015 | 09:49 WIB
flymojo_airlines.jpg Honda-Batam
Pesawat Flymojo, maskapai penerbangan baru di Malaysia. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia mengungkapkan rencana meluncurkan maskapai penerbangan baru dan menandatangani kesepakatan senilai US$1,5 miliar dengan Bombadier bagi 20 pesawat baru. Maskapai baru ini akan dinamakan flymojo dan akan bermarkas di Johor Bahru, di selatan dan Kota Kinabalu di negara bagian Sabah.

Kesepakatan dengan Bombadier di antaranya berupa kesempatan untuk membeli 20 pesawat lagi, sehingga nilainya akan mencapai US$2,9 miliar.

Malaysia sendiri menghadapi tiga masalah penerbangan dalam beberapa bulan terakhir. Dalam kejadian terbaru, pesawat maskapai murah Malaysia AirAsia mengalami kecelakaan di Laut Jawa dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura, menewaskan 162 orang di dalamnya.

Bulan Juli, sebuah pesawat Malaysia Airlines ditembak jatuh di atas wilayah yang dikuasai pemberontak pendukung Rusia di Ukraina timur, menewaskan 298 orang. Hal ini terjadi setelah sebuah pesawat lainnya hilang tidak lama setelah lepas landas di Kuala Lumpur dalam perjalanan ke Beijing pada bulan Maret 2014. Belum ditemukan sisa-sisa pesawat sampai sekarang.

Peluncuran maskapai baru diumumkan di pameran Langkawi International Maritime and Aerospace pada hari Selasa (17/3/2015) dihadiri Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak. (*)

Sumber: BBC