Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mutu Pelayanan Kesehatan Harus Merata dan Terjaga
Oleh : Gabriel P. Sara
Kamis | 05-03-2015 | 12:49 WIB
menkes_raker_kesnas.jpg Honda-Batam
Menkes Nila Farid Moeloek saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional di Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek meminta pelayanan kesehatan harus merata dan terjaga. Hal ini harus dilakukan untuk menjawab dua tantangan pembangunan kesehatan.

"Dalam pembangunan kesehatan itu ada dua tantangan, yakni pencapaian target MDG's dan Post 2015, serta implementasi JKN," kata Nila dalam pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional di Batam, Kamis (5/3/2015).

Dia menyampaikan akses terhadap air bersih, pola konsumsi yang sehat, aktifitas fisik, pemukiman sehat dan proporsi populasi perokok adalah faktor-faktor yang menjadi penentu dan harus mendapat perhatian yang serius. Menurutnya, semua itu memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 telah menetapkan sasaran pembangunan kesehatan yang diukur pada beberapa indikator pembangunan kesehatan yang harus dicapai, yang meliputi, meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat yang mencakup angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), prevalensi kekurangan gizi dan stunting.

Juga meningkatnya pemeratan dan mutu pelayanan kesehatan yang mencakup, TB, HIV, malaria, tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, dan prevalensi merokok penduduk usia kurang lebih 18 tahun.

Untuk meningkatkan mutu kesehatan, kata dia, setiap kecamatan minimal harus mempunyai satu puskesmas dan harus tersertifikasi dan akreditasi, sedangkan untuk kabupaten atau kota, itu harus membangun satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang tersertifikasi dan akreditasi juga.

Nila menegaskan, bahwa pembangunan kesehatan harus dilihat secara holistik dalam siklus hidup seseorang, yakni dimulai dari saat dalam kandungan, anak-anak di bawah umur 5 tahun, remaja, dewasa muda, dewasa serta pada akhirnya seseorang di masa tua.

"Pembangunan itu harus dilihat secara keseluruhannya, baik dari anak-anak maupun hingga yang usianya tua," jelas Nila.

Editor: Dodo