Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabut Asap di Sumatera Daratan Belum Berpengaruh ke Batam
Oleh : Hadli
Senin | 23-02-2015 | 13:27 WIB
kabut-asap-sekupang......jpg Honda-Batam
Bencana kabut asap yang terjadi di Batam tahun lalu. (Foto: dok. BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bencana kabut asap yang kembali melanda Riau dan wilayah Sumatera daratan pada awal tahun 2015 belum berdampak pada wilayah udara Batam dan Kepulauan Riau sebagaimana yang terjadi dua kali pada 2014 lalu. 

Hal itu dijelaskan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Philip Mustamu. Menurutnya, belum berimbasnya kabut asap tersebut disebabkan angin masih berhembus dari Utara sampai Timur. 

"Dampak dari titik api yang terjadi di Riau belum terlihat sampai Batam. Hal itu disebabkan saat ini arah angin masih berhembus dari utara sampai timur," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Senin (23/2/2015). 

Dengan kondisi siklus perputaran angin dari utara sampai timur, dari pantauan BMKG Hang Nadim Batam menurutnya tidak memungkinkan kabut asap yang saat ini melanda Riau akan bertiup hingga ke Batam dan wilayah sekitarnya. 

"Tapi tidak tahu juga kalau suatu waktu terjadi putaran arah sampai Batam. Namun secara logika dengan kondisi arah angin dari Sumatera sampai timur tidak akan mengarah ke Batam," jelas dia. 

Diketahui asap tebal menggumpal di lahan gambut yang terbakar di kawasan lahan konsesi yang berada di Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Riau pada Sabtu 21 Februari siang. Tak hanya di satu titik, kebakaran serupa terjadi di belasan titik di kecamatan yang sama.

Editor: Dodo