Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Ada Persiapan Matang, Pilkada Serentak Sebaiknya Digelar 2016
Oleh : Surya
Sabtu | 14-02-2015 | 16:07 WIB
Ria Saptarika1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komite I DPD RI Ria Saptarika, Senator asal Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Senator asal Kepulauan Riau (Kepri) Ria Saptarika menilai sebaiknya pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) langsung secara serentak digelar pada 2016, bukan dipaksakan pada Oktiber 2015 seperti keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.


"Saya berpendapat bisa saja 2015 dilaksanakan, tetapi apakah KPU-nya siap. Lebih baik dilaksanakan 2016 saja biar ada persiapan," kata Ria Saptarika, Anggota Komite I DPD RI di Jakarta, Sabtu (14/2/2015).

Menurutnya, pemerintah lebih baik mengedepankan persiapan pilkada secara matang, karena apabila tidak disiapkan secara matang akan banyak ditemukan kekurangan-kekurangan di lapangan. Apalagi dasar hukum pelaksanaan Pilkada serentak juga belum selesaai dibahas bersama antara DPR, pemerintah dan DPD.

"UU Pilkada masih direvisi, kalau tergesa-gesa hasilnya nanti tidak maksimal. Dasar hukumnya masih belum jelas, belum selesai dibahas," katanya.

Saat ini pembahasan revisi UU Pilkada serentak, tinggal dua poin krusial yang belum disepakati terutama terkait pelaksanakan Pilkada serentak. Pemerintah menginginkan agar pelaksanaan Pilkada serentak tetap dilaksanakan pada 2015, karena akan mengganggu persiapan pemerintah dalam melaksanakan pilkada tersebut, apabila jadwalnya digeser ke 2016.

Sementara Komisi II DPR menilai agak mustahil memaksakan pelaksanaan Pilkada pada September atau Oktober 2015, karena waktu pelaksanaanya terlalu mepet dan KPU sendiri juga belum siap, sehingga disepakati pelaksanaanya digelar pada 2016.

KPU sendiri sependapat dengan Komisi II DPR agar ada persiapan matang dalam menggelar Pilkada serentak,  dan setuju Pilkada serentak diundur pada 2016. Namun, apabila Pilkada serentak tetap digelar pada 2015, pada prinsipnya KPU siap menyelenggarakan meskipun dengan persiapan yang kurang maksimal.

Terkait hal ini, Anggota DPD RI dari Kepri Ria Saptarika akan melakukan kunjungan kerja ke KPU Provinsi/Kabupaten/Kota di Kepri guna meninjau persiapan pelaksanaan Pilkada serentak pada saat masa reses mendatang.

"Selain ke KPU Provinsi, saya akan ke KPU Lingga, Tanjungpinang dan Karimun meninjau kesiapan mereka terkait tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada serentak yang mereka persiapan. Kita juga serap aspirasi mengenai pelaksanaan UU Pilkada," kata mantan Wakil Walikota Batam ini.

Editor : Surya