Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota Polri Jangan Merasa Lebih Tinggi Derajatnya dari Warga Sipil
Oleh : Harjo
Rabu | 11-02-2015 | 08:31 WIB
brigadir_pol_baru_polres_bintan.jpg Honda-Batam
Puluhan brigadir polisi baru yang bergabung di Polres Bintan saat tiba di Tanjunguban, Selasa (10/2/2015). (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kepala Kepolisian Resor Bintan, Ajun Komisaris Besar Polisi Kristiaji, mengingatkan agar anggota Polri tidak merasa lebih tinggi derajatnya dari masyarakat sipil. Tugas polisi adalah memberikan kenyamanan dan menciptakan ketentraman di tengah masyarakat, dan bukan sebaliknya.

Hal itu disampaikan Kristiaji kepada 47 brigadir polisi yang baru bergabung di Polres Bintan. "Seluruh anggota Polri harus bisa memposisikan diri sejajar dengan masyarakat dan tidak merasa lebih di atas masyarakat. Karena tugas Polri bisa memberikan kenyamann dan menciptakan ketentraman ditengah  masyarakat dan bukan sebaliknya. Karena kalau anggota Polri masih ada yang merasa lebih dari masyarakat maka hal tersebut akan menjadi bahaya latin dan Polri tidak dipercaya oleh masyarakat," kata Kristiaji.

Dia perlu mengingatkan hal itu kepada para anggota yang baru bergabung mengingat domain sebelumnya polisi masih melekat dengan militer dan masih ada kebiasan buruk dengan menjadikan masyarakat sebagai objek untuk diperintah.

Sementara itu puluhan brigadir polisi baru yang ditempatkan di Polres Bintan menyatakan siap menjalanlkan tugas dan siap mendukung guna  memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Kami siap untuk menjalankan tugas sebagai anggota Polri di wilayah hukum Polres Bintan dan kami menyakini semua akan bangga menjadi anggota Polri," ujar Brigadir Yulianai, salah seorang perwakilan Polwan yang baru bergabung di Polres Bintan, dalam acara perkenalan dengan pejabat utama di Mapolres Bintan, Selasa (10/2/2015).

Hal yang sama disampaikan oleh brigadir lainnya, Yadhilan AR. Menurutnya, mereka ditugaskan di Polres Bintan untuk membantu tugas dan program kerja yang ada di Polres Bintan agar lebih maksimal ke depan.

"Kami datang untuk mendukung kinerja Polres Bintan agar bisa lebih maksimal, baik masalah pelayanan terhadap masyarakat dan tugas lainnya," katanya. (*)

Editor: Roelan