Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada, Uang Palsu Beredar di Batuaji
Oleh : Gabriel P. Sara
Selasa | 10-02-2015 | 13:29 WIB
upal_batuaji.jpg Honda-Batam
Petugas Mapolsek Batuaji menunjukkan uang palsu yang diterima oleh pedagang bensin eceran. (Foto: Gabriel/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengedar uang palsu sepertinya sudah mulai menjalankan aksinya di Batam. Di kawasan Batuaji, seorang pedagang bensin eceran menjadi korban lantaran dagangannya dibayar dengan uang palsu pecahan Rp50 ribu.

Pada Selasa (10/2/2015) siang, Lenni yang berjualan bensin eceran di Jalan Brigjend Katamso, Gang Lestari, Batuaji melaporkan hal ini sambil menyerahkan barang bukti uang palsu itu ke kepolisian setempat.

"Mereka (pengedar) dua orang, datang beli bensin yang saya jual, beli satu botol saja dan kasih uang sebesar Rp50 ribu. Saya tak tau kalau itu uang palsu, jadi saya kembalikan uang sisa beli bensin itu dan mereka langsung pergi," paparnya di Mapolsek Batuaji.

Lenni baru mengetahui uang tersebut palsu saat hendak membayar makanan di sebuah minimarket di kawasan Fanindo. Sang kasir minimarket langsung menolak uang tersebut setelah dicek menggunakan alat.

Dengan kesal, Lenni kemudian batal membeli makanan sambil mengatakan bahwa uang itu didapatnya dari berjualan bensin. Olehnya, uang palsu itu kemudian diserahkan ke Mapolsek Batuaji.

Kapolsek Batuaji, Komisaris Polisi Zaenal Arifin mengimbau warga, terutama pedagang agar teliti dalam menerima uang pembayaran.

"Saya harap kepada masyarakat yang di luar sana, agar lebih berhati-hati dan sebelum menerima uang harus diperiksa terlebih dahulu," kata Zaenal.

Editor: Dodo