Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembentukan AJI Tanjungpinang Diusulkan ke AJI Indonesia
Oleh : Redaksi
Senin | 09-02-2015 | 09:44 WIB

BATAMTODAY.COM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Batam mengusulkan pembentukan AJI Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ke AJI Indonesia. Usulan itu akan dibawa ke Rakernas di Bogor 7-8 Februari, akhir pekan lalu.

"Selama ini, Tanjungpinang masuk dalam kepengurusan AJI Batam. Sudah saatnya dimekarkan namun bentuknya nanti masih persiapan dan masih di bawah bimbingan AJI Batam hingga nanti ditetapkan di Kongres,” ujar Muhammad  Zuhri, Ketua AJI Batam, dalam siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Senin (9/2/2015).

Melihat keanggotaan AJI Batam yang kini mencapai sekitar 60 orang, dan sebagian berada di Tanjungpinang, kata Zuhri, sudah patut dibentuk. Saat ini minat para jurnalis berorganisasi di AJI juga tinggi, baik dari media cetak, televisi, hingga online.

"Sekarang jumlah anggota AJI di Tanjungpinang lebih dari 20 orang jadi sudah cukup syarat," katanya.

Menurut dia, Tanjungpinang sudah seharusnya memiliki kepengurusan sendiri, karena merupakan ibukota Kepri. Apalagi Batam dan Tanjungpinang berada di pulau yang berbeda.

"Kami berharap organisasi profesi jurnalis ini berkembang di pusat Pemerintahan Kepri," katanya.

Zuhri mengatakan usulan itu sudah muncul sejak dua tahun lalu. Namun belum dapat terlaksana mengingat jumlah anggota. Nantinya, untuk sementara AJI Tanjungpinang masih dalam wilayah administratif AJI Batam hingga nanti disahkan pada Kongres X.

"Kami akan menyampaikan pembentukan AJI Persiapan Tanjungpinang dalam Rakernas AJI di Bogor pekan ini. Kami berharap ini direalisasikan," ujarnya. 

Selain membentuk AJI Persiapan Tanjungpinang, Zuhri juga akan membentuk koordinator daerah di Kabupaten Karimun, Bintan, Lingga, Anambas dan Natuna. Masing-masing kabupaten akan dipimpin seorang anggota AJI yang bertugas di daerah tersebut.

"Ini untuk memudahkan kami melaksanakan program-program AJI," katanya.

Editor: Dodo