Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

HPN 2015 di Kepri

Gelar Dialog, Pemimpin Redaksi Media Se-ASEAN Kumpul di Batam
Oleh : CR-9
Senin | 09-02-2015 | 08:24 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemimpin redaksi dari media massa se-ASEAN berkumpul di Batam, Provinsi Kepri di sela-sela rangkaian Hari Pers Nasional 2015 dan mengadakan forum dialog bertajuk "The Role of The Media in The ASEAN Community", Minggu (8/2/2015).

Peserta dari pertemuan pemred se-ASEAN ini antara lain pemred dari media massa Indonesia dan Malaysia selaku penggagas, serta sejumlah pemred dari media Filipina, Thailand serta Singapura.

Acara juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Dato Seri Ahmad Shabery Cheek.

Ketua Forum Pemred Indonesia, Nurjaman Mochtar di sela-sela dialog "The Role of The Media in The ASEAN Community" mengatakan acara ini bertujuan memberikan wadah ke teman-teman media dalam hal ini para pemred dari negara-negara ASEAN untuk mengobrol, berdialog, berdiskusi meski pada pertemuan perdana tersebut tidak memiliki target atau misi khusus.

"Diskusi tersebut dilakukan dalam rangka menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN. Yang terpenting bertukar informasi," kata dia.

Para pemred berdiskusi tentang berbagai hal yang akan dilakukan nsan pers menyikapi era keterbukaan ekonomi ASEAN pada akhir 2015 mendatang sehingga ketika era itu berlaku para pemred juga bisa ada sarana mengobrol, ada sarana 'networking', untuk bisa saling mengerti dan bertukar informasi.

"Jangan hanya praktisi ekonomi saja yang berdialog. Para Pemred juga harus bisa berdialog sehingga mampu berbuat banyak," kata dia.

Ia berharap, dalam pertemuan-pertemuan selanjutnya peserta lebih banyak dari itu dari pada penyelenggaraan saat ini yang dinilai merupakan rintisan.

"Jadi ini pertemuan rintisan untuk menuju dialog obrolan yang lebih luas diantara sesama pemred yang berasal dari negara-negara ASEAN," kata Nurjaman.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengapresiasi pertemuan pemred se-ASEAN sebagai wujud partisipasi industri pers dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Menurut dia media se-ASEAN dapat mengambil peran dalam menyampaikan pesan ke dunia, terkait kekuatan negara-negara ASEAN dalam berbagai sektor, sebagai satu kesatuan.

Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Dato Seri Ahmad Shabery Cheek mengatakan MEA bukan sekedar sebuah pagelaran yang tengah dilakukan negara-negara ASEAN, namun terkait bagaimana negara-negara ASEAN membangun proses kebersamaan, membawa kesatuan baik antarnegara maupun antarmasyarakat.

Media se-ASEAN diharapkan mampu membawa informasi serta membangun opini dan persepsi terkait upaya tersebut.

Direktur Utama Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Saiful Hadi menyampaikan ide pertemuan pemred dari negara-negara ASEAN terlontar pada acara inagurasi LKBN Antara Desember tahun lalu.

"Saya berbicara ke teman media dari Malaysia untuk merancang pertemuan jurnalis kedua negara," kata Saiful Hadi.

Kala itu, kata Saiful, rekan dari Malaysia menyatakan siap mendukung pertemuan itu. Sehingga informasi tersebut disampaikan kepada Ketua Forum Pemred Indonesia Nurjaman Mochtar.

"Pak Nurjaman mengusulkan pertemuan dilakukan tidak hanya antara Indonesia dan Malaysia, namun pemred seluruh ASEAN, dan terciptalah pertemuan ini," beber Saiful Hadi.

Editor: Dodo