Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buku dan Digital Media Newseum Indonesia Diluncurkan di Batam
Oleh : CR9
Senin | 09-02-2015 | 08:10 WIB
arief_yahya_peuncuran_buku_digital_newseum_indonesia.jpg Honda-Batam
Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat peluncuran buku dan digital media Newseum Indonesia di Batam, Minggu (8/2/2015). (Foto: CR9/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai rangkaian acara memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2015, buku dan digital media Newseum Indonesia kembali diluncurkan setelah sebelumya juga pernah diluncurkan di Semarang. Peresmian dan peluncuran itu dilakukan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, di Kepri mall, Minggu (8/2/2015).

Dalam sambutanya ia mengatakan, wajah pers yang bermetamorfosis ini terlihat dalam praktiknya. "Postur pers kita yang muncul saban waktu adalah gabungan antara advertising, entertaiment, traveling, pleasure, edutaiment, dan life style," katanya.

Dia juga menjelaskan munculnya industri pusaka bisa diletakan dalam konteks pers sebagai distribusi informasi di era ledakan media sosial saat ini. Industri pusaka yang bersandar pada lempengan ingatan masa lampau untuk kreativitas kekinian bisa terlihat dari tendensi praktik dalam penulisan novel, revitalisasi kota lama, investasi barang seni, dan bahkan pertunjukan ingatan yang berlangsung sngat ekstensif.

"Lahirnya tayangan dokumenter atau film-film tentang Perang Dunia II atau masa keemasan kerajaan dan dinasti di negara-negara industri maju seperti Amerika, Inggris, Tiongkok, adalah indikasi menarik bagaimana pertunjukan ingatan dalam kelampauan yang jauh bisa menjadi industri kreatif baru hari ini," jelas Arif.

Dia berharap buku Newseum Indonesia ini sebagai langkah awal melakukan travel to the hyperreality, blusukan pada warisan gagasan dan idea-idea di kawasan Nusantara yang dimulai hampir tiga abad lampau. "Sekaligus menjadi kado dalam perayaan HPN saat ini," tutupnya. (*)

Editor: Roelan