Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Focus Group Discusion dalam Rangka HPN

Pemaknaan Pancasila Harus Dikawal di Tengah Masyarakat
Oleh : CR9
Sabtu | 07-02-2015 | 17:18 WIB
fgd_hpn_2015.jpg Honda-Batam
Forum grup discussion dalam rangka HPN 2015. (Foto: CR9/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2015, Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar focus group discussion untuk meyegarkan kembali masyarakat terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa di Hotel Harmoni One, Batam, Sabtu (7/2/2015).

Diskusi itu dihadiri Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nurwahid, dan mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, serta beberapa anggota DPR RI.

Sebagaimana pernyataan Menteri Sosial bahwa Indonesia darurat pornografi, darurat pendidikan dan darurat narkoba, pernyataan tersebut menurut Hidayat menyebabkan masyarakat menjadi khawatir. Karena itu Hidayat berharap dengan diskusi ini akan bisa temukan pemaknaan dan pengawalan Pancasila di tingkat masyarakat sehingga persatuan Indonesia bisa terjaga.

Tujuan bekerja sama dengan media, kata dia, agar upaya penyegaran Pancasila ini bisa dikembangluaskan supaya Pancasila menjadi bingkai bangsa dan negara. "Dengan demikian perjalanan rakyat semakin nyaman dengan Indonesia," kata Hidayat.

Pada kesempatan tersebut dia juga menjelaskan bahwa MPR periode saat ini mempunyai badan yang baru. Dia mencontohkan jika di DPR seperti komisi, badan resmi tersebut adalah Badan Pengkajian, Badan Anggaran, Badan Sosialisasi, jelasnya.

Tema pada diskusi tersebut adalah "Menegaskan Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945". (*)

Editor: Roelan