Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pejabat Anambas Hasil Lelang Jabatan Akhirnya Dilantik
Oleh : Nursali
Jum'at | 06-02-2015 | 15:54 WIB
Pelantikan_Pejabat_Eselon_II,_III_Dan_IV__Oleh_Bupati_Kepulauan_Anambas,_Tengku_Mukhtaruddin.JPG Honda-Batam
Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin, melantik puluhan pejabat hasil lelang jabatan. (Fto: Nursali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Puluhan calon pejabat di Kabupaten Kepulauan Anambas yang mengikuti "fit and proper tes" beberapa waktu lalu, akhirnya dilantik, Jumat (6/2/2015). Ada 74 aparatur sipil negara (ASN) menempati jabatan eselon IV (45 orang), eselon III (26 orang), dan eselon II (3 orang).

"Sebenarnya saya kurang setuju dengan sebutan lelang jabatan, karena lelang jabatan konotasinya identik dengan uang," kata Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin, usai melantik pejabat yang usai mengikuti uji kompetensi secara terbuka beberapa waktu lalu di gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Tarempa.

Mukhtaruddin mengatakan, lelang jabatan yang dilakukan ini baru pertama kalinya dilakukan oleh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau. Apalagi ada inisiatif pemerintah daerah untuk menambahkan syarat bebas narkoba melalui tes urine sehingga pengawasan pemerintah daerah akan peredaran narkoba di kalangan PNS lebih dipersempit.

"Ini terbukti dari hasil tes urine bapak-bapak sekalian, hasilnya negatif semua," katanya.

Menurutnya dengan tes urine yang diberikan kepada para kandidat tersebut merupakan kebijakan yang tepat mengingat tidaklah mungkin seseorang yang terlibat narkoba dapat mengurus orang banyak atau kepentingan publik.

"Karena pejabat yang terlibat narkoba menunjukkan pejabat yang belum mampu mengurus dirinya sendiri. Jika mengurus dirinya sendiri belum mampu, apalagi mengurus masyarakat luas," tegas Mukhtaruddin. (*)

Editor: Roelan