Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2.171 Siswa di Anambas Akan Ikuti Ujian Nasional
Oleh : Nursali
Jum'at | 06-02-2015 | 08:00 WIB
Ujian-Nasional.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Sebanyak 2.171 siswa di Kabupaten Kepulauan Anambas tercatat akan mengikuti ujian nasional tahun 2015. Setiap sekolahjuga telah melaksanakan terobosan sebagai persiapan untuk menghadapi UN yang digelar pada April dan Mei mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto, mengatakan, dari jumlah peserta UN itu, peserta SD palling banyak yakni mencapai 902 siswa. Sementara di jenjang SLTP 709 siswa dan SLTA sebanyak 560 siswa.

"Data ini bisa mengalami perubahan. Memang sih data ini didata di awal tahun pelajaran baru. Kalaupun berubah biasanya nggak banyak," katanya kepada pewarta di ruangan kerjanya, Kamis (5/2/2015).

Herianto menjelaskan, setiap sekolah sudah melaksanakan terobosandengan harapan agar pelaksanaan UN tersebut dapat berjalan sempurna dan tanpa ada hambatan. "Kalau terobosan untuk SD dilaksanakan selesai jam sekolah, untuk tingkat SMP dan SMA dilakukan pada sore hari," jelasnya.

Dia menambahkan, UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan surat edaran dari Kemendikbud, tingkat kelulusan juga ditentukan oleh pihak sekolah.

Menurutnya, kebijakan ini sangat tepat karena yang paham betul perkembangaan siswa dalam belajar adalah para guru. "Memang yang mengetahui siswa tersebut gurunya, kan? Manalah mungkin komputer yang di Jakarta sana yang bisa menilai apakah si anak layak lulus atau tidak," katanya. (*)

Editor: Roelan