Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Natuna dan Lingga Masuk Prioritas RPJMN 2015-2019
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 05-02-2015 | 18:00 WIB
andrinof chaniago.jpg Honda-Batam
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago. (Foto: Sekretariat Negara)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago mengatakan kawasan yang menjadi prioritas di Provinsi Kepulauan Riau dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2015-2019 adalah di Kabupaten Lingga dan Natuna.

"Kawasan prioritas pada RPJMN 2015-2019 adalah di Lingga dan Natuna," kata Andrinof usai menggelar pertemuan dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Riau dan Provinsi Kepri di gedung Graha Kepri Batam, Kamis (5/2/2015).

Ia mengatakan dalam RPJMN tahun 2015-2019 difokuskan pada pemerataan pembangunan antar wilayah terutama Kabupaten/Kota yang berada di luar Pulau Jawa yakni pembangunan bandara maupun pelabuhan. Untuk Kabupaten Lingga dan Natuna akan dibangun dermaga, perpanjangan landasan bandara serta bidang perikanan.

"Bandara perintis seperti di Lingga landasannya akan diperpanjang sehingga bisa didarati oleh pesawat Hercules," ujarnya.

Ketika ditanya apakah pembangunan Pelabuhan Tanjungsauh masuk ke dalam rencana pembangunan jangka menengah, ia mengatakan tidak mengetahui. Namun ia memastikan ada perluasan kapasitas disalah satu pelabuhan peti kemas di Batam.

"Kalau untuk pembangunan Pelabuhan Tanjungsauh saya belum dengar," tutur Andrinof.

Sosialisasi dokumen RPJMN 2015-2019 sendiri setelah terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) No 2 tahun 2015. Pemerintah melalui Kementerian PPN/Bappenas memberikan arahan bagi stakeholder pembangunan baik pusat maupun daerah terkait arah dan kebijakan pembangunan.

Editor: Dodo