Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wagub Optimis 2,3 Juta Kunjungan Wisman ke Kepri ‎akan Tercapai
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 05-02-2015 | 15:37 WIB
wagub_soerya_seminar.jpg Honda-Batam
Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Soerya Respationo.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Soerya Respationo mengaku terkagum dengan hadirnya gedung Bintan Expo Center yang dibangun dipusat kota Tanjungpinang. Ia juga menyatakan, dengan adanya Bintan Expo Center ini akan dapat digunakan mendukung iven pariwisata serta promosi di Kepri.

"Dengan adanya sarana promosi Bintan Expo Center,‎ saya sangat optimis target 2,3 juta kunjungan wisatawan ke Kepri akan dapat tercapai," kata Soerya saat menghadiri peresmian Bintan Expo Center di Tanjungpinang, Kamis (5/2/2015). 

Tingginya, kunjungan wisatawan ke Kepri pada tahun lalu, kata Soerya, tidak terlepas dengan status FTZ yang melekat di Bintan, Karimun, Batam serta Tanjungpinang. Namun demikian, dalam pelaksanaan FTZ di Kepri masih ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaanya. Contohnya, belum menyeluruhnya FTZ di Pulau Bintan yang berakibat penyedia jasa kepariwisataan kesulitan menerapkan sistim city tour.

"Kedepan hal ini akan kita selesaikan secara bersama-sama dengan upaya dan pengajuan bersama ke pemerintah pusat, Pemkab Bintan dapat mengusulkan, Kota Tanjungpinang mengusulkan dan Provinsi Kepri akan mendukung dan memfasilitasinya," kata Soerya.

Dalam waktu dekat, Soerya juga berencana membawa Menteri Pariwisata mengunjungi Kabupaten Bintan pada 7 Februari mendatang. Sehingga, nantinya, kementerian dapat ikut memberikan insentif kepariwisataan di wilayah Kepri.

‎Sebelumnya, Ansar Ahmad mengatakan, Pemkab Bintan akan berkomitmen untuk memperbaiki birokrasi kepariwisataan. Salah satunya dengan menggandeng BPKM mengajukan status FTZ menyeluruh di Pulau Bintan.

Dengan kawasan FTZ menyeluruh, Ansar optimis, pariwisata tidak hanya dinikmati wisatawan yang berkunjung ke Bintan saja, namun juga dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang.

Editor: Dodo