PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PKB Mulai Menjaring Bakal Calon Kepala Daerah Kepri
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 05-02-2015 | 11:28 WIB
PKB2.jpg honda-batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Perwakilan Daerah Partai Kebangkitan Bangsa Kepri telah membentuk sususan pengurus desk Pilkada. Hal ini sesuai dengan surat DPP PKB No. 2337/DPP-03/VI/A.1/2015 tanggal 26 Januari 2015 tentang Pelaksaan Penjaringan dan Penetapan Calon Kepala Daerah/

Desk Pilkada DPW PKB yang berisikan lima orang dan disebut Tim 5, diketuai Maaz Ismail, anggota DPRD Kepri akan bertugas menjaring calon kepala daerah, pendaftaran calon, pentepan calon  kampanye, penghitungan suara sampai penetapan hasil pemilihan kepala daerah oleh KPU provinsi.

"Dengan adanya instruksi DPP dan sudah terbentuknya Tim 5, langkah awal yang akan kita lakukan adalah menjaring bakal calon kepala daerah Provinsi Kepri. PKB terbuka unuk siapa saja yang akan mencalonkan diri sepanjang memenuhi kriteria dan persyaratan yang akan yang telah dibuat dan disepakati PKB," kata Maaz, Rabu (4/2/2015) sore.

Ditambahkan Maaz, DPW PKB mempunyai tiga kursi di anggota DPRD, atau memiliki 6,67 persen suara. Sementara menurut Perpu dibutuhkan 9 kursi atau 20 persen suara. "Untuk melengkapi suara itu, kami akan menjalin komunikasi dengan partai lain untuk dapat mengusung calon dan memenuhi persyaratan tersebut," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Lima, Syaleh Arifin atau lebih dikenal Arifin Siregar, mengatakan, jika ada yang berminat mencalonkan diri dari PKB ujarnya, harus menghubungi Tim Lima untuk mengambil formulir pendaftaran yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan sebagai bakal calon kepala daerah.

"Kalau persyaratan bakal calon sudah dipenuhi dan memenuhi syarat, maka kami tim lima akan melakukan rapat menetukan bakal calon. Selanjutnya, kami akan melaporkan ke DPP untuk ditetapkan sebagai calon kepala daerah dari PKB," terang Arifin.

Sama halnya yang dikatakan Sirajudin Nur, anggota Tim Lima, pihaknya sangat terbuka unuk siapapun. Bahkan jika calonnya agak sungkan, pihaknya membuka diri mendatangi dan bertemu di tempat calon itu sendiri. "Kami bersedia datang ke tempat calon itu agar mereka bisa mengisi formulirnya," ucapnya.

Di Kepri sendiri, PKB melihat beberapa orang yang layak menjadi kepala Daerah Provinsi Kepri diantaranya, Riki Syolihin, Huzrin Hood, M Sani, Soerya Respationo, Nurdin Basirun, Ahmad Dahlan, M Rudi, Ansar Ahmad dan bahkan Fauzi Bahar.

Untuk persyaratan yang diajukan PKB antara lain; bertakwa kepada Tihan Yang Maha Esa, setia pada Pancasila, UUD 1945, cita-cita Proklamasi, NKRI serta pemerintah, berpendidikan paling rendah SLTA atau sederajat, bersedia mengikuti seluruh tahapan dan lain sebagainya.

Selain itu, juga harus membuat surat pernyataan dan administrasinya melampirkan Daftar Riwayat Hidup, fotokopi KTP, ijazah yang legalisir, pas foto, naskah visi dan misi bakal calon kepala daerah.

Editor: Dodo