Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komite III DPD RI Dukung Penambahan Anggaran Kemenpora
Oleh : Surya
Senin | 02-02-2015 | 13:03 WIB
Komite III DPD.jpg Honda-Batam
Ketua Komite III DPR Hardi Selamat Hood memimpin Rapat Kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komite III DPD RI menyatakan dukungan penuh terhadap program kerja Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipimpin Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menegpora).

Salah bentuk dukungan dari DPD adalah dukungan penambahan angaran bagi Kemenpora dalam rangka peningkatan prestasi olahraga di tanah air, dan pembinaan kepemudaan.

"Komite III DPD RI siap mendukung program kerja Kemenpora. Dukungan tersebut tertuang dalam kesepakatan rapat kerja antara Komite III dengan Kemenpora," Hardi Selamat Hood, Ketua Komite III di Jakarta akhir pekan ini.

Menegpora Imam Nahrawi mengatakan, Kemenpora memiliki tiga program strategis dalam pembangunan nasional sela lima tahun kemimpinannya.

"Yakni kepemudaan, keolahragaan dan kepramukaan merupakan tiga aspek penting dalam pembangunan nasional," kata Imam. 

Imam menyatakan perencanaan strategis dan berkelanjutan diperlukan untuk menjaga kesinambungan pembangunan nasional di bidang kepemudaan, keolahragaan dan kepramukaan.

"Untuk mewujudkan hal tersebut saya berharap dukungan dari para senator DPD RI membantu Kemenpora mewujudkan program yang dicanangkan oleh Kemenpora baik di daerah atau pusat." katanya.

Menegpora menekankan tantangan besar yang dihadapi saat ini pembinaan olahraga dan kepemudaan, yakni menyangkut maraknya peredaran narkoba, minuman keras dan pornografi.

"Mengantisipasi masalah narkoba, kami mewajibkan semua pihak yang ada di lingkungan Kemenpora untuk menjalani tes narkoba. Koordinasi lintas sektoral bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta BNN juga kami lakukan, hanya saja masih terkendala minimnya anggaran," katanya.

Berikut beberapa hal yang menjadi kesimpulan dan kesepakatan antara lain:

1.    Komite III DPD RI memberikan dukungan sepenuhnya untuk penambahan anggaran bagi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

2.    Menyelenggarakan pembangunan kepemudaan dan olahraga dalam rangka mewujudkan visi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong dan misi mewujudkan bangsa yang berdaya saing dan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

3.    Optimalisasi pengembangan karakter pemuda yang memiliki daya saing, penguatan kelembagaan pramuka, mengembangkan budaya olahraga dan meningkatnya prestasi olahraga yang memiliki daya saing.

4.    Melakukan koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi kebijakan antar pemangku kepentingan dalam pembangunan kepemudaan dan olahraga.

5.    Meningkatkan kegiatan penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan kepemudaan dengan memperhatikan penguatan dukungan pendanaan, regulasi, kelembagaan serta sarana prasarana.

6.    Melakukan kebijakan dan strategi peningkatan prestasi olahraga secara sistematis, terpadu, berjenjang, berkelanjutan serta memodernisasi sarana dan prasarana olahraga disertai pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga modern.

7.    Memastikan jaminan kesejahteraan, apresiasi dan penghargaan bagi atlet dan purna atlet yang sudah berprestasi di forum internasional.

Editor : Surya