Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertama Kalinya, LPTQ Batam Gelar MTQ Tingkat Pelajar
Oleh : CR9
Senin | 02-02-2015 | 07:52 WIB
peserta_mtq_pelajar_batam.jpg Honda-Batam
Salah satu peserta canag tilawah sedang melantunkan ayat-ayat suci Quran. (Foto: CR9/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) bersama dengan Pemerintah Kota Batan menggelar MTQ tingkat pelajar di Masjid Agung Batam Center. MTQ yang diikuti 515 peserta ini merupakan yang pertama kalinya digelar untuk tingkat pelajar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (31/1/2015) itu bertujuan untuk mencari generasi muda yang berbakat  tilawah dari dini yang nantinya mereka akan dibina hingga dewasa.

Kordinator Pengembangan dan Pelatihan LPTQ Batam, Sarbaini, yang juga sebagai ketua panitia pada acara MTQ kali ini, mengatakan bahwa acara ini diadakan murni untuk mencari  bibit baru tilawah di Batam. "Lembaga yang ternama tidak kita izinkan untuk ikut karena kita ingin mencari generasi baru," jelas Sarbaini.

Dia juga menjelaskan MTQ ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan untuk tingkat pelajar di Batam. Dia berharap kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan.

"Acara seperti ini juga bisa mengahambat untuk anak-anak bergabung dengan geng motor yang marak di Batam ini," tambahnya.

Sementara Ketua Dewan Hakim, Asril Arif, mengatakan bawah banyak pelajar yang  berpotensi untuk menjadi tilawah tingkat nasional nantinya. "Hari pertama ini sudah banyak kelihatan bakat tilawah pelajar di Batam," kata Asril.

MTQ itu diikuti sebanyak 515 pelajar di Batam yang terbagi dalam tujuh kategori, di antaranya 237 peserta tartil tingkat TK, 60 peserta tartil dan 48 peserta tahfiz tingkat SD, 70 peserta tilawah dan 57 peserta kaligrafi tingkat SMP, serta 23 peserta tilawah dan 20 peserta kaligrafi tingkat SMA.

Panitia akan mengambil 20 peserta di masing masing kategori yang nantinya akan dibina. Untuk hadiah sendiri yakni piagam, piala dan uang pembinaan. (*)

Editor: Roelan