Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nyolong Ban Motor, Seorang Pria Babak Belur Dihajar Warga Sagulung
Oleh : Gabriel P. Sara
Sabtu | 31-01-2015 | 11:40 WIB
BlurImage(30-1-2015_7-33-40).jpg Honda-Batam
Rustam yang babak belur saat diamankan di Mapolsek Sagulung.

BATAMTODAY.COM, Batam - Rustam Ependi (25) terpaksa babak belur dan sempat tidak sadarkan diri setelah dihajar warga karena mencoba mencuri ban sepeda motor di salah satu bengkel milik Johanes di Pasar Sagulung, Kelurahan Sagulung Kota, Jumat (30/1/2015) sekitar pukul 16.00 WIB.

Di Polsek Sagulung, Johanes mengatakan, ia sendiri yang memergoki pelaku saat beraksi mengambil ban sepeda motor yang berada di lantai tiga di bengkel motor miliknya itu. Saat itu pelaku hilang akal saat Johanes melihat aksinya.

Setelah melihat pelaku mau mengambil ban motor itu, Johanes langsung teriak maling. Mendengar teriakan maling itu, pelaku langsung melompat lewat jendela dari lantai dua.

"Saya sendiri yang melihat dia (pelaku, red), di lantai dua, dia sementara pegang ban mau curi. Saya langsung teriak maling, dengar saya teriak maling ia langsung lompat lewat jendela mau kabur," kata Johanes kepada pewarta

Warga setempat yang mendengar teriakan maling oleh pemilik bengkel itu langsung sergap pelaku, setelah tertangkap, pelaku dihajar habis-habisan oleh warga setempat. "Warga dengar saya teriak, langsung tangkap pelaku, terus hajar sampai pingsan," papar Johanes 

Sementara, koordinator keamanan Pasar Sagulung, Agus Surianto, mengatakan, pelaku tersebut dipergoki sendiri oleh pemilik bengkel. Sebelum dihajar, pelaku dengan warga sekitar sempat kejar-kejaran. Namun karena warga yang sudah mengepung, pelaku akhirnya pelaku berhasil ditangkap.

"Tadi pemilik lihat langsung saat pelaku ngambil ban sepeda motor di lantai tiga bengkelnya. Warga yang geram langsung menghajar pelaku," ujar Agus 

Lanjutnya, warga yang menghajar pelaku sempat mengancam untuk membakar pelaku hidup-hidup, lantaran, di sekitar Pasar Sagulung sering terjadi kemalingan. Untung saja ada warga lain yang datang kemudian langsung menyuruh untuk membawa ke kantor Polisi. 

"Mau dibakar pelakunya, untuk ada yang datang kemudian suruh serahkan pelaku ke Polisi. Makanya langsung kami laporkan ke Polsek Sagulung. Tak lama kemudian Polisi datang jemput pelaku," ungkapnya

Keadaan pelaku saat berada di Polsek Sagulung, hampir semua wajah pelaku memar, dan mengalami perdarahan melalui mulut. Dia langsung dijebloskan ke dalam sel tahanan.

Editor: Dodo